63 Lansia Kota Pariaman Terima Bantuan Permakanan Dari Kemensos RI

Usai penyerahan secara simbolis kepada lansia, Ny.Lucyanel Genius mengapresiasi program ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Kemensos RI yang telah membuat program ini.

Baca juga: Genius Umar Buka Open Tournament Piala Walikota Pariaman se Sumatera Barat

“Program permakanan siap saji yang terdiri dari nasi, lauk, buah dan air mineral sangat bermanfaat bagi para penerima. Dimana saat usia mereka sudah lanjut, tetapi masih mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat dan daerah. Untuk itu, kita dari Kota Pariaman sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat meskipun ini baru kategori ujicoba, “ ungkapnya.

Tidak hanya pemerintah pusat, Pemko Pariaman dengan kondisi keuangan yang banyak mengalami pengurangan sampai saat ini masih tetap memberikan perhatian kepada para lansia yang ada di Kota Pariaman. Banyak program yang telah dilakukan Pemko Pariaman dalam membantu lansia sehingga para lansia di Kota Pariaman tidak akan kesepian dan selalu merasa bahagia diusianya yang sudah lanjut.

“Membantu para lansia sama juga dengan mempersiapkan masa depan yang bahagia, untuk itu saya juga mnegucapkan terima kasih kepada kelompok masyarakat yang menjadi penyelenggara program ditingkat daerah. Semoga bantuan ini tidak hanya untuk satu bulan, melainkan satu tahun dan daftar penerima akan bertambah setiap tahunnya, ‘ harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Muhamad Roem mengatakan bahwa Kota Pariaman salah satu daerah yang menyetujui penerimaan program permakanan dari Kemensos RI meskipun dibandingkan dengan niilai harga dipasaran, jauh dibawah standar.

BACA JUGA  Bupati Solok Selatan Luncurkan Program Satu Keluarga Satu Sapi

Baca juga: Kunjungi Padang Pariaman, Wabup Rahmang Sambut Anggota DPD RI

“Kalau melihat nominal bantuan yang diberikan dan dibandingkan harga bahan pokok dipasar, jauh dibawah standar. Namun Wali Kota Pariaman Genius Umar saat mengetahui hal tersebut, tetap memilih menerima bantuan ini sehingga instruksi Wako Pariaman Genius Umar untuk kekurangan, akan kita tanggulangi bersama, “ ungkapnya.

Kementerian Sosial menghadirkan sebuah program nasional sebagai upaya penghormatan, perlindungan, dan jaminan sosial dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar pangan dan nutrisi yang dikenal sebagai Program Bantuan Sosial Permakanan. Program ini ditujukan untuk para lanjut usia tunggal dengan bantuan dua kali makan setiap harinya dengan nominal bantuan lebih kurang Rp 56 jt untuk 63 lansia selama  satu bulan yang dimulai dari Tanggal 4 Desember 2022 lalu.

“Kemensos RI memberikan bantuan kepada daerah berupa uang yang ditransfer langsung kerekening ketua kelompok masyarakat. Merekalah yang akan mengeksekusi uang tersebut menjadi makan siap saji yang sehat dan bersih. Pemko Pariaman khususnya Dinas Sosial bersifat mengawasi dan mengontrol penyerahan permakanan ini. Nominal yang diberikan tidak hanya untuk makanan siap saji saja, melainkan juga untuk kurir yang ditunjuk (tim tagana) sebagai pengantar makanan setiap harinya kepada para lansia. Tidak banyak memang, kurir dibayar dengan harga 1000/lansia, “tambahnya.

“Alhamdulillah Kota Pariaman punya relawan yang berjiwa sosial, mulai dari pokmas yang mempersiapkan semua kelengkapan bahan untuk mendapatkan bantuan, pendamping desa yang setiap hari berbaur dengan masyarakat, tim tagana yang sukarela dan penuh semangat mengantarkan makanan sehingga program permakanan nyaris terselesaikan dengan sangat maksimal. Semoga saja semua kebaikan yang telah diberikan, mendapatkan imbalan dari Allah SWT, “ tutupnya. *

BACA JUGA  Ramlan Nurmatias Buka Kejurda Walikota Cup Bukittinggi XCO 2019

Baca juga: Bahas Transformasi ASN dan Kemiskinan, Sekdako Pariaman Ikuti Rakernas Forsesdasi

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -