Haryenti, Pustakawan Terbaik Sumbar Berbagi Ilmu Melalui Bimtek di Kemenag Kab. Solok

Haryenti, Pustakawan Terbaik Sumatera Barat berbagi ilmu pada pengelola pustaka madrasah se Kab. Solok

Koto Baru, SuhaNews. Terus mendorong madrasah untuk maju dan berkembang, Kantor Kemenag Kab. Solok juga meningkatkan pengelolaan perpustakaan. Untuk itu digelar pelatihan pengelola pustaka. Acara sehari ini digelar di aula Hubbul Wathan kantor setempat, Selasa (17/12).

Dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag H. Alizar dengan peserta para pengelola dan kepala perpustakaan pada madrasah dalam lingkup Kemenag Kab. Solok. Sedangkan narasumbernya adalah Haryenti, S.Ag Pustakawan Terbaik Sumatera Barat dalam ajang anugrah guru dan tenaga kependidikan terbaik Sumbar 2018.

Mengawali sambutannya H. Alizar mengutup sejarah Nabi Muhammad SAW dalam menerima wahyu Al Qur’an yang tidak sekaligus. Namun setiap Surat dan Ayat diterima oleh Nabi secara terpisah dalam waktu yang berbeda. Hingga kemudian ada inisiatif  untuk membukukan agar Al Qur’an disatukan. Ini dilakukan pada zaman Khalifah Abu Bakar RA dan ditunjuklah Zaid bin Tsabit RA sebagai orang yang bertanggung jawab atas pengumpulan naskah Al-Qur’an.

“Itu salah satu sejarah lahirnya perpustakaan dalam sejarah Islam,” ulas H. Alizar.

H. Alizar melanjutkan, dalam peradaban modern ini pustaka tetap menegang peranan penting sebagai salah satu gudang ilmu. Walau sekarang ada pergeseran dari buku cetak ke buku digital, pustaka tetap dibutuhkan keberadaannya. Tinggal lagi bagaimana kita mengemas dan memenej agar pustaka tidak kehilangan pengunjung.

Melalui pelatihan ini H. Alizar berharap, pustaka madrasah dapat terus mendampingi prestasi madrasah dan berperan dalam menunjang keberhasilan siswa mewujudkan cita-citanya.

Selain itu keberadaan pustaka sangat menunjang dalam pengembangan literasi dilingkungan madrasah. Koleksi pustaka dapat jadi referensi dalam lahirnya karya-karya bermutu oleh guru maupun siswa madrasah.

Diakhir sambutannya H. Alizar berharap, ilmu yang didapat oleh Haryenti pada pelatihan pengelola pustaka tingkat nasional dapat dibagi dan dikembangkan pada para pengelola madrasah di Kabupaten Solok.

Haryenti yang telah mengikuti pelatihan pengelolaan pustaka tingkat nasional di Pusdiklat Kemenag R.I beberapa waktu yang lalu membagikan ilmunya pada peserta. Selain tentang pengelolaan dan manajemen pustaka, juga berbagi tips menarik minat siswa berkunjung dan betah berada di pustaka. Moentjak

 

Facebook Comments

loading...