Kembali, 350.000 Bibit Ikan Ditebar di Danau Diatas

Solok, SuhaNews. Sebanyak 350.000 ekor bibit ikan Nilem/Kasang ditebar di Danau Diatas. Bibit ikan ini berasal dari Balai Perikanan Budi Daya Air Tawar (BPBAT) Jambi. Ini bagian 2 juta bibit ikan yang ditebar oleh BPBAT Jambi di wilayah Sumatera.

“Kita ingin menjaga budi daya ikan tetap terpelihara di  sini,” ujar Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan  Mulyadi Marcos, Selasa (10/3). 

Penebaran bibit ikan ke Danau Diatas ini dihadiri oleh Kadis Perikanan Dan Pangan Ir, Admaizon,  Perwakilan Balai Perikanan Budi Daya  Air Tawar Sungai Gelam Jambi Mubinun, S.Pi., Camat Lembah Gumanti Zaitul Ikhlas, Wali Nagari Alahan Panjang, Penyuluh perikanan, dan Kelompok Masyarakat  Pengawas (Pokmaswas) Perikanan Balam Tigo Gayo Alahan Panjang.

Baca Juga : Sebanyak 5.000 Bibit Ikan Nilem Dilepas di Danau Diatas

“Restocking (Penebaran ikan) salah satu upaya menambah stock ikan tangkapan,” jelas Kadis Perikanan dan Pangan, Admaizon.

Stok ikan di perairan umum, termasuk Danau Diatas ini, jelas Admaizon, telah mengalami krisis akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatannya berlebihan. Jika tidak dilakukan restocking dikhawatirkan populasinya semakin menurun.

Diharapkan Danau Diatas ini dikembalikan fungsi dan peran sebagai ekosistem akuatik yang seimbang,” jelas Admaizon.

 “Penebaran benih ikan Nilem/Asang ini merupakan program UPT lingkup Ditjen Perikanan Budidaya BPBAT Sungai Gelam Jambi, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Tahun 2020,” Perwakilan BPBAT, Mubinun.

Selama 2020, jelasnya BPBAT menargerkan penebaran sebanyak 2 juta benih ikan. Sebelumnya sudah ditebar di Muaro Enim, Sumatera Selatan. Kali ini di Kabupaten Solok. BPBAT akan terus menebar benih ikan di lokasi lainya, sehingga sebanyak 2 juga benih ikan ini bisa ditebar selama 2020 ini. Wewe 

BACA JUGA  18 Anggota Paskibraka Disuruh Lepas Jilbab, Senator Syekh Fadhil Suruh Pulang

Baca Juga :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -