spot_img

Alhijrah dan MIYOR, Lambang Kemewahan Bus AKAP Sumatera Barat

SuhaNews – Lebaran 2025 ini, genap setahun dua operator bus AKAP Po. MIYOR dan PO. Alhijrah melayani penumpang lintas Sumbar – Jabodetabek. Keduanya sejak kemunculan menyajikan dan menjanjikan kemewahan.

Alhijrah dibawah naungan PT. Alhijrah Aulia Rahmah telah menebar rumor bakal melintas ke Sumbar sejak tahun 2023 lalu, namun baru terwujud jelang lebaran tahun 2024 kemarin.

Tak tanggung-tanggung, bus besutan pengusaha dari Sanua Pariaman ini menghadirkan sleeper class (bagolek class) yang didukung chasis premium Mercedes Benz O500R 1836, serta Scania K310i dan Scania K410 untuk Royal Platinum.

Sebagai pelopor bus tronton dan sleeper class, Alhijrah menambah armdanya dengan 12 unit chasis tronton Volvo B11R Euro 5. Kembali ia menjadi yang pertama di Sumatera Barat sebagai pengguna pertama chasis premium tersebut.

Saat launching unit baru ini, Alhijrah juga mengumumkan penumpang yang beruntung memperoleh undian tiket dan diberangkatkan umrah. Sekaligus unit baru ini hadir dengan suite combi class yang dalam satu armada terdapat dua kelas berbeda.

Berita terkait :

BACA JUGA  MoU dengan Bawaslu, Kemenag Kabupaten Solok Siap Sukseskan Pemilu 2024

Seperti halnya Alhijrah, MIYOR sebagai pendatang baru juga mulai beroperasi saat lebaran tahun lalu. Tak tanggung-tanggung, PO yang dididirikan oleh pengusaha Tambang Batu Bara asal Talawi Kota Sawahlunto ini hadir dengan tiga kelas berbeda yang didukung karoseri ternama diatas chasis Mercedes Benz OH1626 Euro4 Air Suspensions.

Didukung oleh karoseri Adiputro, MIYOR menghadirkan empat unit sleeper class yang diberi nama dream class yang terlihat mewah dengan body Jetbus5. Sedangkan untuk suitecombi dan platinum class memakai body SR3 dari karoseri Laksana.

Seiring berjalannya waktu, PO. MIYOR terus melakukan penambahan armada pada semua kelas, ini satu bukti kehadirannya diterima baik oleh penumpang bus Sumbar – Jabodetabek.

Bus yang menggunakan livery songket Silungkang ini tak lagi terpaku pada dua karoseri saat launching. Namun juga memakai produk dari karoseri Morodadi POrima yang selama ini identik dengan bus ANS, produk karoseri Tentrem yang dipakai pada hampis semua bus Epastar dan karoseri New Armada yang juga punya nama besar di Indonesia.

Siluet penari piring dengan tingkuluak tanduak tersemat disemua armada, mulai dari armada angkatan pertama sampai terbaru yang dibangun oleh karoseri Morodadi Prima diatas chasis premium tronton Mercedes Benz OC500RSD 2445 dan menjadi salah satu pengguna pertama di Indonesia.

Uniknya, pada bus tronton ini MIYOR dengan body Patriot El Grandde dari karoseri Morodadi Prima menyajikan tiga kelas berbeda. Tertinggi president class yang posisinya berada diatas pengemudi dan awak kabin serta royal platinum serta sleeper dibagian belakang seperti suite class sebekumnya.

Berita Terkait :

BACA JUGA  3 Siswa MAS Nurul Amal Cupak Lulus ke Perguruan Tinggi Favorit Melalui Jalur SPAN-PTKIN

Tak salah kiranya kedua opertor bus yang lebaran ini genap setahun melayani penumpang Sumbar – Jabodetabek sebagai lambang kemewahan angkutan darat / Bus AKAP dari Sumbar. Karena kelas terendah yang ada pada armada mereka menjadi kelas tertinggi di kompetitornya.

Untuk perantau yang hendak mudik dan ingin merasakan naik bus serasa di hotel bisa menjadikan salah satu dari keduanya sebagai pilihan kenyamanan. Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

Google News