Bahas Inflasi, Sekdakab Solok Ikuti Vidcon Bersama Mendagri

Arosuka, SuhaNews – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok Medison, S. Sos, M. Si., didampingi Plt. Asisten II Syaiful, ST, MT dan Kepala OPD mengikuti Vidcon Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Senin / 09 Januari 2023 dari Ruang Rapat Sekretariat Daerah.

Berdasarkan arahan Presiden, penanganan inflasi dilakukan sebagaimana mekanisme dalam penanganan Pandemi Covid-19. Karena itulah, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menggelar rapat secara rutin agar penanganan inflasi dapat dievaluasi.

“Rakor rutin tiap minggu ini dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian,” ujar Sekda Medison.

Baca juga: Dampak Inflasi, Ratusan Pelaku UMKM di Kabupaten Sijunjung Terima BLT

Dalam arahannya, Mendagri Tito menyampaikan bahwa inflasi nasional mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Data per Desember 2022 menunjukkan berada di angka 5,51 persen.

“Inflasi ini merupakan permasalahan dunia saat ini, bahkan di beberapa negara Eropa mengalami kenaikan 3 kali lipat untuk harga barang dan jasa,” jelas Tito Karnavian.

Semua negara G20, jelas Tito Karnavian, inflasinya di atas angka Indonesia. Ini berkat koordinasi yang baik dari tim pengendali inflasi tingkat pusat dan daerah.

Mendagri Tito melaporkan penyebab inflasi saat ini yaitu gangguan rantai pasok komoditas pangan dan energi akibat dari konflik heopolitik, penyesuaian harga akibat adanya kenaikan harga BBM, serta panen musiman pada komoditas pangan yang menyebabkan penurunan suplai pada periode tertentu. (Wewe)

Baca juga: Sekda Pimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah

Facebook Comments

BACA JUGA  Upacara HUT RI di Puncak Gunung Talang, Pemkab Solok Matangkan Persiapan
- Advertisement -
- Advertisement -