Bahas Matrilinialisme, Genius Umar Jadi Pembicara di Forum International CSW 67

Pariaman, SuhaNews – Secara virtual melalui zoom meeting, Wali Kota Pariaman, Genius Umar didapuk sebagai narasumber dalam acara United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, pada Asia Pacific Regional Session Of The Commision On The Status of Women (CSW 67) di ESCAP Conference Room 3, Bangkok, Thailand, Rabu (28/2/23).

Genius umar menitikberatkan pada kesetaraan atau keseimbangan antara laki-laki dan perempuan, dan bagaimana melakukan pemberdayaan perempuan di Kota Pariaman.

Baca juga: Genius Umar Dapatkan Enam Bayi Beresiko Stunting di Desa Batangtajongkek

“Matrilineal d isini adalah garis keturunan berasal dari garis ibu, dan kepemilikan harta warisan seperti tanah contohnya otomatis menjadi milik wanita, tetapi secara adat hal itu kita buat seimbang,” ujar Genius Umar.

Manajer dari pengelolaan warisan tersebut, jelas Genius Umar, ada pada kaum laki-laki seperti mamak dari perempuan tersebut. Dengan cara begitu terjadilah hubungan timbal balik atau mutualisme antara laki-laki dan perempuan, sehingga tidak ada yang merasa direndahkan.

Di samping itu, Pemerintah Kota Pariaman juga  membuat pelatihan-pelatihan untuk perempuan dengan kartu pra kerja yang didanai oleh Bank Central dan program dari pemerintah daerah untuk melatih skill mereka dalam berusaha.

“Secara umum, 60% pelaku UMKM Kota Pariaman adalah wanita”, ungkap Genius.

Genius juga menyampaikan dua inovasi aplikasi tentang gender, pertama aplikasi Sartika, aplikasi ini merupakan aplikasi layanan aduan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terhubung dengan UPTD PPA, dan aplikasi Siti Payung (Sehat Terintegrasi Perempuan Anak Terlindungi). Aaplikasi ini memuat data perempuan di Kota Pariaman.

Apa yang disampaikan Genius, mendapatkan aplaus dan apresiasi dari seluruh peserta UNDP yang hadir dalam acara tersebut.Mereka memberikan penghargaan kepada pemerintah Kota Pariaman atas usaha yang telah dilakukan untuk mensejahterakan perempuan yang ada di Kota Pariaman, baik dari segi ekonomi ataupun kesetaraan gender. (Tac/Wewe)

BACA JUGA  Genius Umar Pantau “Pariaman Barayo 2023” di Sejumlah Titik

Baca juga: Ketua Tim Visit Sumbar Years 2023, Raseno Arya Apresiasi Genius Umar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -