Banda Rukan Panyakalan Diperbaiki Pemerintah

Panyakalan, SuhaNews. Masyarakat Panyakalan lega, setelah Pemerintah melalui Dinas PUPR Kab. Solok mulai memperbaiki Banda Rukan yang rusak parah akibat banjir pada Februari 2020 lalu.

Pekerjaan yang telah berlangusng beberapa hari ini berupa pengerukan sendimen yang membuat permukaan banda menjadi dangkal dan membangun kembali dam penahan yang jebol sehingga air dan sendimen mengalir masuk ke sawah masyarakat.

Wali Nagari Agus Evatra Dt Bandaro Kayo berharap masyarakat ikut memelihara dan menjaga dengan tidak membuang buang sampah ke saluran bandar irigasi. Nantinya juga akan di buat kan jadwal pemakaian air irigasi ketika musim kemarau dengan nagari Bukit Tandang sebagai pintu air dari banda Rukan tersebut.

Berita Terkait : Dinas PUPR Kab. Solok Tinjau Kondisi Banda Rukan Panyakalan Pasca Banjir

“Untuk pengelolaan air Banda Rukan akan kita buatkan Peraturan Nagarinya, baik yang memakai di sepanjang nagari Panyakalan maupun yang terkait dengan nagari Tetangga seperti Bukit Tandang merupakan hulu Banda Rukan,” sebut AE Dt. Bandaro Kayo saat dihubungi SuhaNews.

Mewakili masyarakat Panyakalan, Wali Nagari mengucapkan terima kasih pada Pemerintah dan instansi terkait. Karen dengan diperbaikinya aliran banda Rukan akan menghidupkan kembali pertanian di nagari Panyakalan.

“Selama banda Rukan rusak, tidak sedikit sawah yang gagal panen. Bahkan sawah yang bisa produktif akibat irigasi rusak menjadi sawah tadah hujan. Semoga dengan perbaikan ini menggairahkan kembali petani di sepanjang aliran Banda Rukan,” tutup Wali.

Senada dengan Wali Nagari, Refnalis pemilik sawah didekat irigasi yang jebol juga menyampaikan rasa gembiranya. Karena saat banda Rukan rusak, sawahnya selalu jadi korban masuknya sendimen dari banda hingga memenuhi permukaan sawah dan merusak tanaman padi.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Solok Syaiful melalui Kabid SDA Nopelius mengatakan bahwa banda Rukan diperbaiki dengan dana tanggap darurat bencana alam. Nantinya seluruh daerah yang terdampak bencana alam kemarin akan ditangani secara bertahap.

Untuk itu Nopelius meminta pemerintah nagari juga pro aktif membantu menyiapkan administrasi dan dokumentasi yang diperlukan untuk penanganan ini.

reporter : Oca editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...