Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Marapi, Pemkab Solok Dirikan Dapur Umum

Arosuka, SuhaNews – Pemerintah Kabupaten Solok dirikan dapur umum bagi korban bencana lahar dingin Gunung Marapi di Kantor Wali Nagari Kubang Putieh, Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.

“Kita ingin membantu korban bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi, yang terjadi Sabtu, 11 Mei 2024 lalu,” ujar Bupati Solok, Epyardi Asda.

Baca juga: Korban Terakhir Longsor Sitinjau Lauik Ditemukan, Lalu Lintas Macet

BPBD Kabupaten Solok dan Dinas Sosial, jelas Bupati, mendirikan dapur umum, yang akan menyediakan konsumsi bagi korban bencana dan juga bagi pekerja dan relawan yang sedang bekerja membersihkan lokasi bencana, khusunya yang terjadi di Bukit Batabueh, Simpang Kubang, dan sekitarnya.

Asisten 1 Setda , Syahrial di Kantor Wali Nagari Kubang Putieh mengatakan sesuai dengan arahan Bupati Solok, Pemerintah Kabupaten Solok ikut berpartisipasi aktif dalam penangan bencana banjir lahar dingin Gunung Merapai yang melanda sejumlah nagari di Kabupaten Agam, dan Kabupaten Tanah Datar.

Syahrial juga menyebut Tim BPBD dan Dinas Sosial yang diturunkan dalam melaksanakan tugas akan selalu berkoordinasi dengan Posko Induk Pemamggulangan bencana Kabupaten Agam.

“Tim Cepat Tanggap Bencana Kabupaten Solok juga mendatangkan 1 unit escavator ke lokasi bencana,” tambah Syahrial.

Kita akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat, tambah Syahrial.  Kita hanya memasakkan, sementara pendistribusian diserahkan ke posko induk.

Begitu juga dengan penggunaan escavator, kita hanya menyediakan alat, operator, dan BBM, soal penggunaan nanti diserahkan kepada posko induk karena mereka yang menguasai medan dan lokasi.

Tim Kabupaten Solok telah sampai di lokasi Senin, 13 Mei 2024. Ikut bersama tim seperti Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok, Mulyadi Marcos, Kepala BPBD Kabupaten Solok, Irwan Efendi, dan tim dapur umum yang mengenakan kostum orange. Wewe

BACA JUGA  Langkitang Signal, Karya Alumni SMAN 1 Penguat Sinyal, Layaknya Punya BTS Sendiri
Baca juga: Sebelum Jadi Korban Galodo, Siswa MAN 3 Padangpanjang Ini Sempat Tolong Tetangganya

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -