Bawang Putih Mahal, Pemerintah Tanah Datar Gelar Operasi Pasar

Rapat koordinasi operasi pasar bawang putih

Batusangkar, SuhaNews – Virus Corona ternyata berpengaruh terhadap produk impor. Salah satu komoditi ekspor yang melonjak harganya adalah bawang putih. Harga bawang putih kisaran Rp40-45 ribu/kilo.

 

“Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan melakukan operasi pasar di hari pakan Batusangkar, yang jatuh setiap hari Kamis,” ujar  Asisten Ekobang Edisusanto, Selasa (25/2) di Pagaruyung.

Rencana melakukan operasi pasar ini terungkap dalam rapat koordinasi di ruang kerja Asisten Ekobang Edisusanto bersama Kasat Pol PP dan Damkar Yusnen, Kabag Perekonomian Masni Yulteri, Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan Hilmi, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Pangan dan Perikanan Aziz Khan, Kabid Sarana Keselamatan Dishub Gusti Amor dan Kepala UPT Pasar Syafril.

“Operasi pasar dilakukan bekerjasama dengan Dinas Pangan Prov. Sumbar,” jelas Edisusanto.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya stabilisasi harga. Kegiatan akan digelar di depan pasar bertingkat Batusangkar. Diharapkan operasi pasar juga bisa menstabilkan harga sehingga bisa menekan harga kebutuhan rumah tangga, serta sebagai bentuk pengendalian inflasi daerah.

Selain menggelar operasi pasar, tambah Edi, untuk jangka menengah dan panjang, pemerintah memiliki program bantuan benih bawang putih dan komoditi lainnya kepada kelompok masyarakat.

“Ini untuk mendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat. Secara bertahap bisa mengurangi ketergantungan terhadap barang impor,” katanya.

“Tanah Datar sudah mendapat dua kali alokasi operasi pasar,” ujarv Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Pangan dan Perikanan Aziz Khan.

“Masyarakat Batusangkar dan sekitarnya diharapkan bisa memanfaatkan momentum ini,” jelas Aziz Khan.

Operasi Pasar di depan pasar bertingkat Batusangkar direncanakan mulai pukul 8.00 WIB sampai selesai.  Bawang putih dijual seharga Rp32 ribu/kilo,”

Reporter:  Dajim Editor: Wewe

Baca Juga: 

Facebook Comments

loading...