Bencana di Surian, 2 Rumah Ditimpa Longsor dan 3 Lainnya Ambruk Karena Banjir

Solok, SuhaNews –  Hujan dengan intensitas tinggi sejak Kamis (7/3) petang menyebabkan terjadinya bencana di nagari Surian kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok.

Sebagaimana diungkapkan Kalaksa BPBD Kabupaten Solok melalui  Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Nopelius,ST.MT kepada SuhaNews, Jumat (8/3) siang, bahwa pihaknya menerima laporan bencana dari nagari paling selatan Kabupaten Solok ini.

“Surian kembali ditimpa bencana, diantaranya longsor yang menimpa rumah warga serta adanya rumah yang ambruk akibat banjir serta kerusakan fasilitas umum seperti jalan, jembatan dan irigasi maupun area pertanian,” urai Nopelius melalui sambungan telpon.

Nopelius merinci lokasi terdampak bencana di Surian yakni, ambruknya bahu jalan ke dalam sungai sepanjang 15 meter dengan kedalaman 7 meter. Selain itu juga ditemukan bahu jalan rusak parah hampir ambruk dengan kedalaman sekitar sepuluh meter dan panjang lebih kurang 10 meter. Kemudian jembatan darurat di Batu Panjang juga amblas sehingga menganggu pengguna yang akan melintas.

Akibat derasnya arus sungai akibat peningkatandebit air setelah hujan, dua unit rumah masyarakat jebol, sehingga beresiko untuk ditempati.

Jembatan Koto Tinggi yang berlokasi dekat integ kapalo banda yang pada akhir Desember 2023 lalu terkena bencana ambruk. Tak hanya itu, badan jalan serta pasangan batu beronjong penahan tebing ambruk sepanjang 12 meter dengan ketinggian sekitar 7 meter.

Masih dijorong Koto Tinggi, dua rumah yang ditempati 6 Kepala Keluarga tertimpa longsor. Sedangkan di jorong Dalam Koto, satu rumah yang ditempati dua kepala keluarga juga dilaporkan ambruk.

Selain data tersebut diatas, di jorong Tambang dan jorong Kulemban, lahan pertanian sawah dan ladang ikut terendam banjir akibat meluapnya sungai.

Berita Terkait : 

Facebook Comments

BACA JUGA  Belajar Dari Bencana Cianjur, Peneliti Universitas Pertamina Petakan Potensi Bencana di Cisolok
- Advertisement -
- Advertisement -