Berusia 115 Tahun, Surau Gonjong Salah Satu Yang Tertua di Manggopoh

Manggopoh, SuhaNews – Surau Gonjong yang terletak di Jorong Sago Nagari Manggopoh diperkirakan berusia 115 tahun, dibangun tahun 1908 silam. Surau yang diresmikan oleh Bupati Agam Indra Catri Pada Tahun 2009 merupakan salah satu Surau tertua di Nagari Manggopoh.

Menurut A. Dt. Indo Marajo Mamak Adat Suku Madailiang (Melayu) mengatakan Surau Gonjong merupakan salah satu surau tetua di Manggopoh.

Dulunya Surau Gonjong merupakan tempat belajar Agama dan belajar mengaji. Surau Gonjong juga merupakan tempat transit Musyafir zaman dulunya, tuangku/Syekh yang datang dari Piaman untuk menyebarkan agama islam, menjdikan Surau sebagai tempat dakwah salah satunya surau gonjong.

Mak Itam Suli (alm) Murid jebolan surau gonjong yang mendalami ilmu agama pernah melanjutkan dan memperdalami ilmu agama sampai ke Sabang Aceh di tahun 1960an, serta Pi’i Tarokeang juga Jebolan Surau Gonjong.

Pada tahun 1960an sampai 1980an Surau Gonjong banyak mencetak Imam Khatib yang belajar mengaji di Surau Gonjong.

Dampak Gempa tahun 2009 membuat Surau Gonjong tidak layak untuk digunakan, maka atas bantuan dan swadaya anak kemenakan suku Kaum Mandailiang ( Melayu) maka surau Gonjong di Pugar dengan tidak menghilangkan ciri Khas “Gonjong”.

Peletakan Batu Pertama dan peresmian dilakukan Oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah yang juga Mamak dari Suku Melayu.

Karena Setelah Meninggalnya Dt. Indo Marajo  Anak Kenakan belum memiliki pucuk pimpinan Kaum, Sebagai Yang dituakan di Kaum Maka diangkatlah Pusako Tuo Muan, Muanlah yang  berinisiatif menghidupkan kegiatan Keagamaan dan Kaum di Surau Gonjong.

Berusia 115 Tahun, Surau Gonjong Salah Satu Yang Tertua di Manggopoh 1

Pada tanggal 22 Oktober 2022 Astoni Abbas Memangku Gelar Datuk Indo Marajo Kaum Suku Madailiang (Melayu) Astoni juga mengajak seluruh kaum Suku Mandailing untuk saling bahu membahu menghidupkan kembali Surau Gonjong demi mensiarkan Islam di Nagari Manggopoh Khususnya Agam Pada Umumnya.

BACA JUGA  Panitia Perang Manggopoh Ke-116 Gelar Pertandingan Tenis Meja antar Club se-Sumbar

Anggota DPRD Kabupaten Agam Fraksi Golkar Joni Putra Dt. Bintaro Hitam merasa terpanggil dengan Surau Gonjong yang merupakan Surau yang Memiliki Kenangan tersendiri baginya. Sebagai Putra Asli Manggopoh Pada Moment Bulan Penuh Berkah Joni Putra Dt. Bintaro Hitam Meneyerahkan Dana Senilai Rp. 5.000.000 Kepada Pengurus Mesjid.

Disaksikan oleh Astoni Dt. Indo Marajo Pusako Bundo Kanduang Kaum Suku Mandailiang (Melayu) Usai Sholat Isya Berjamaah. (Rahmat)

Berita Terkait :

115 115 115 115 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -