Bupati Agam Buka Festival Tambua Tansa Tingkat Agam dan Bukittinggi

Agam, SuhaNews – Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM apresiasi Wali Nagari Padang Laweh dan panitia yang menggelar Festival Tambu Tansa agam tingkat Agam dan Bukittinggi, di lapangan sepakbola Talao, Nagari Padang Laweh, Sabtu (3/2).

Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Bupati Agam, Dr H Andri Warman MM dan dihadiri Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Kebudayaan, Yayat Wahyudi, Kepala Disparpora Agam, Dedi Asmar, Kepala Disdikbud Agam, Isra, Camat Sungai Pua, Ridwan, Wali Nagari Padang Laweh, tokoh masyarakat dan lainnya.

Menurutnya, festival tambua tansa bukan hanya sekedar ajang pertunjukan tapi juga menjadi cermin kekayaan dan keindahan tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

“Pertunjukan tambua tansa dimainkan saat acara besar, seperti acara adat, pernikahan, dan alek nagari lainnya,” jelasnya.

Festival Tambua Tansa

Dikatakan, penampilan tambua tansa ini bukan hanya sekedar pertunjukan alat musik, melainkan sebagai simbol kebersamaan dan keharmonisan di tengah masyarakat disetiap even dan acara alek nagari yang digelar.

“Diharapkan seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Agam untuk menjaga dan melestarikan adat dan budaya asli Minangkabau,” harapnya. Hari/AMC

Baca Juga :

Facebook Comments

BACA JUGA  Penyuluh Agama Islam 50 Kota Terima Pembinaan Ka. Kanwil Kemenag Sumbar
- Advertisement -
- Advertisement -