Bupati Agam Kukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting

Lubuk Basung, SuhaNews – Bupati Agam Dr H Andri Warman, MM mengukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Agam, Senin (03/10). di Balairung Rumah Dinas Bupati di Lubuk Basung. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Agam, Camat se–Kabupaten Agam, Ketua GOW, Walinagari, Kepala Puskesmas, OPD dan lainnya.

Baca juga: Gelar Diseminasi Audit Kasus Stunting, Pariaman Targetkan Zero Stunting

“Dalam rangja percepatan penurunan stunting perlu dibentuk tim, yang akan bertugas mengkoordinasikan, mensinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif dan terintegrasi di Kabupaten Agam,” ujar Bupati Andri Warman.

Dibentuknya TPPS di Kabupaten Agam, dengan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri sebagai ketua, jelas Andri Warman, maka akan mempermudah merealisasikan program penurunan stunting ini.

“Dengan sudah dibentuknya tim ini, diharapkan dapat merealisasikan program penurunan stunting di Agam ini,” katanya.

Bupati AWR meminta, program percepatan penurunan stunting atau anak mengalami kekerdilan akibat gizi buruk di Kabupaten Agam dapat terintegrasi sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

“Kita mengapresiasi atas diselenggarakan kegiatan ini, yang dimana sebagai peran serta dan kepedulian bersama dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris BKKBN perwakilan Sumbar, Nova Dewita, mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan yang bersifat edukasi dan tindakan pencegahan merupakan upaya sangat efektif untuk mencegah stunting.

“Pencegahan stunting sangat tergantung pada perilaku individu, didukung kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan pemerintah, non pemerintah dan masyarakat pada umumnya,” katanya

Segera diperkuat lintas sektor, mitra kerja, CSR, bahkan orang-orang individu, tambah Nova, Kabupaten Agam bisa melakukan percepatan penurunan stunting di daerah itu, agar SDM Kabupaten Agam semakin sehat dan berkualitas.

Adapun susunan TPPS di Kabupaten Agam yakni, Bupati Agam sebagai ketua pengarah, Wakil Bupati Agam sebagai ketua pelaksana, dan Sekretaris Daerah, Kepada Bappeda, Ketua TP-PKK sebagai wakil ketua pelaksana. Lalu Kadis Dalduk KB PP dan PA sebagai sekretaris pelaksana. Kemudian Kepala OPD di lingkungan Pemda Agam sebagai ketua bidang dan anggota.(Ikh/Wewe)

BACA JUGA  Bupati Agam, Andri Warman Terima Penghargaan KPAI 2021

Baca juga:  Cegah Stunting, Tanah Datar Bentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS)

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -