Bupati Kepulauan Mentawai Hadiri Rakornas Kementerian Kelautan Dan Perikanan 2023

SuhaNews – Pj.Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak,S.St.,Pi.,M.Pi hadiri Pertemuan Nasional Pembangunan Perikanan Budidaya Berbasis Ekonomi Biru Tahun 2023, Senin (18/12) di The Ritz – Carlton Jakarta Pasific Place Jakarta.

Pertemuan yang diadakan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya ini mengusung tema “Sinergitas Pusat dan Daerah Menuju Perikanan Budi Daya yang Modern, Madiri dan Berkelanjutan”.

Kegiatan ini bertujuan dalam rangka pelaksanaan program Prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan yang salah satunya adalah Pembangunan Budi Daya laut, Pesisir, dan Darat yang berkelanjutan

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan, Indonesia masih belum memiliki kemampuan untuk subsitusi pakan Ikan. Hal ini lah yang menyebakan Indonesia masih ketergantungan impor akan pakan ikan.

“Kita belum punya kemampuan subsitusi pakan (ikan) yang terjadi seluruh pakan kita masih impor dan jumlahnya kurang lebih 89 persen itu impor“, ujar Menteri Kelautan dan Perikanan dalam pertemuan Nasional Pembangunan Perikanan Budi Daya Berbasis Ekonomi Biru.

Lebih lanjut Trenggono mengatakan, apabila ketergantungan impor ini masih terus berlanjut akan berimbas pada budidaya ikan di Indonesia terdampak . Apalagi jika negara yang menjadi penghasil produk pakan ikan menutup aktivitas ekspornya, pembudi daya ikan akan kelabakan.

Padahal menurut dia sebenarnya Indonesia bisa belajar dari negara-negara maju yang membuat subsitusi pakan ikan.

Untuk itu dia mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk mencari jalan keluar agar tidak bergantung kepada impor bahan baku pakan ikan. ”Kita itu harus bergerak apabila kita tidak bisa melakukan itu, ujung-ujungnya akan jadi negara yang ketinggalan,” pungkasnya. (yy,ng)

Baca Juga : Distribusikan Bahan Pangan, Mentawai Bekerjasama dengan Dinas Pangan Sumbar

BACA JUGA  Diskusi Universitas Paramadina, "Apa Visi ke Depan? Pertahanan Negara, Kedaulatan Bangsa"

Penjabat Bupati Mentawai Buka Workshop Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -