Bupati Solok Hadiri Acara Pelatihan Manasik Haji Anak Taman Kanak-kanak

Alahan Panjang, SuhaNews –  Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda dan Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi menghadiri acara Manasik Haji, Selasa (7/2/2023) di Nagari ALahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti.

Ikut mendampingi Bupati Solok antara lain Pimpinan DPRD Ivoni Munir, Asisten I Syahrial, Plt. Asisten II Deni Prihatni, Camat Lembah Gumanti dan unsur Forkopincam, Direktur PDAM Alahan Panjang, Pimpinan Bank Nagari cabang Alahan Panjang, Ketua IGTK, Himpaudi se Kec. Lembah Gumanti, tokoh Adat dan tokoh Agama.

Baca juga: Bunda Paud Agam Buka Simulasi Manasik Haji Murid TK di Ampek Angkek

“Terima kasih kepada Bupati Solok dan anggota DPR RI komisi V dan Pimpinan DPRD Kab. yang telah hadir dalam acara pelatihan manasik haji untuk anak-anak taman kanak-kanak se Kec. Lembah Gumanti ini,” ujar Husnelia, Ketua Panitia.

Kegiatan ini diikuti sekitar 800 anak-anak yang berasal dari lembaga Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Lembah Gumanti, 140 tenaga pendidik dan walimurid serta berbagai elemen yang membantu terlaksananya acara ini.

“Acara Manasik Haji itu merupakan agenda rutin setiap tahun yang di lakukan oleh IGTK cabang Lembah Gumanti,” jelas Husnelia.

Wali Nagari Alahan Panjang Zulkarnain menyampaikan bahwa masyarakat Nagari Alahan Panjang berterima kasih kepada Athari selaku anggota DPR RI yang telah membawa program yang memberikan dampak positif dan meningkatkan taraf hidup dari masyarakat, diantaranya adalah Program Kotaku, bedah rumah, jalan usaha tani dan lain sebagainya.

“Pada tahun 2022 ada sekitar Rp4 Milyar dana dikucurkan untuk Nagari Alahan Panjang. Salah satu progam adalah Pamsimas. Setidaknya 5 Jororng yang ada telah mendapatkan 1 unit Pamsimas, dan telah tersambung ke 140 rumah di setiap jorong,” ujar  Zulkarnain.

BACA JUGA  Wabup Richi Aprian Pimpin TSR Khusus ke Masjid Tertua di Sumatera Barat

Zulkarnain berharap, semoga pada tahun berikutnya, jaringan untuk Pamsimas bisa mencapai 500 rumah per Jorong, agar kebutuhan air bersih bisa di dapat masyarakat yang lebih banyak.

Anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi berterima kasih kepada panitia dan masyarakat Nagari Alahan Panjang, karena telah diundang di acara ini.

“Saya sangat mendukung acara keagamaan sperti ini, karena sangat bagus untuk membentengi anak-anak kita dari paparan radikalisme dan hal-hal negatif dari media sosial,” ujar Athari Gauthi Ardi.

Saat ini, jelas Athari Gauthi Ardi, ada program dari Pusat untuk pesantren Rp200 Juta untuk pembangunan MCK. Athari meminta Wali Nagari agar mendata berapa pesantren yang ada di Nagari atau Kecamatan agar nanti bisa disurvey apakah memenuhi persyaratan untuk mendapat bantuan tersebut.

Bupati Solok . Epyardi Asda d mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah menjaga dan mendidik anak-anak dengan baik di mana nantinya anak-anak tersebut yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

“Solok sudah bangkit, ditandai dengan banyaknya penghargaan yang diraih, seperti pelayanan publik yang dulunya mendapat penilaian terburuk dari ombudsman, sekarang menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, UMKM yang dulunya buruk, sekarang menjadi yang terbaik,” ujar . Epyardi Asda.

solokSaya sangat mendukung kegiatan keagamaan seperti ini, tambah . Epyardi Asda, jika masyarakat mau menyerahkan pengurusan tempat manasik haji tersebut kepada Pemda, Pemda akan membangun tempat tersebut dengan sangat layak dan baik. Atau bisa dengan di kelola Oleh pemerintah Nagari, sehingga Pemda akan memberikan dana khusus.

”Pembangunan di Nagari Alahan Panjang sudah cukup baik, kita akan tingkatkan lagi di masa datang,” ujar . Epyardi Asda.

Acara dilanjutkan dengan dibukanya Manasik Haji secara resmi oleh Bupati, serta Dialoq dengan masyarakat untuk menampung aspirasi yang di antaranya. Acara dilanjutkan dengan Potong Pita peresmian Pamsimas tahun 2022 di Jorong Usak Alahan Panjang Kecamatan lembah Gumanti. (Wewe)

BACA JUGA  Film Babaliak ka Surau Bawa Siswa MAN 3 Solok Masuk 6 Besar KFPI 2023

Baca juga: Kemenag Bukittinggi Matangkan Persiapan manasik Haji Sepanjang Tahun

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -