Bupati Solok Hadiri Alek Kawua Nagari Garabak Data

Garabak Data, SuhaNews – Bupati Solok diwakili Kepala Dinas Kesehatan  Zulhendri, SKM, M.Kes., didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda menghadiri Alek Kawua Nagari Garabak Data,  Kecamatan Tigo Lurah, Senin, 12 Agustus 2024 di Medan Nan Bapaneh, Nagari Garabak Data.

Acara ini dihadiri oleh Kepala DKUKMPP Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si., Kepala Dinas Pertanian drh. Kennedy Hamzah, Kepala Dinas Sosial,  Mulyadi Marcos, SE, MM., Kepala Disdukcapil  Riki Carnova, S.STP, M.Si., Kepala DPRKPP Retni Humaira, Kalaksa BPBD Drs. Irwan Efendi, Sekretris DPPKBP3A Linda, tokoh masyarakat Asrul Syukur, Camat Tigo Lurah Tedi Aurora dan undangan lainnya.

Baca juga: Meriahnya Festival Urang Minang Baralek Gadang, Gubernur Sumbar Ajak Lestarikan Budaya

Walinagari Garabak Data Pardinal mengatakan bahwa dari 74 Nagari di Kabupaten Solok, Garabak Data merupakan nagari paling ujung dan paling terisolir.

“Kami mohon pembenahan akses jalan ke Nagari Garabak Data agar tidak lagi terisolir dan bisa setara pembangunannya dengan nagari-nagari lainnya yang ada di Kabupaten Solok,” ujar Pardinal.

Ketua TP-PKK Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda bersyukur dan mengapresiasi masyarakat Garabak Data yang menggelar Alek Kawua Nagari.

“Selain bisa menghadiri alek kawua, juga bisa bersilahturahmi dengan seluruh tokoh masyarakat, niniak mamak, alim ulama, bundo kanduang, tokoh pemuda, kader dan ketua kelembagaan yang ada di Nagari Garabak Data.

“Budaya Alek Kawua ini harus terus dijaga dan lestarikan, karena merupakan tata cara (adat) untuk keselamatan masyarakat agar jauh dari musibah,” ujar Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Sebagai masyarakat Minang, jelas Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, kita harus bangga atas terselenggaranya acara ini, dan diharapkan kepada niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan tokoh pemuda untuk memahami akan arti penting menjaga dan melestarikan adat dan budaya.

BACA JUGA  Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok Buka Lomba di Singkarak

Bupati Solok Hadiri Alek Kawua Nagari Garabak Data 1Bupati Solok diwakili Kepala Dinas Kesehatan  Zulhendri mengatakan jika Alek Nagari Bakawua merupakan tradisi yang harus terus dilestarikan sehingga generasi kita ke depannya tetap dapat melanjutkan budaya dan adat istiadat ini.

Pada kesempatan ini, Bupati dan Ketua TP PKK menyerahkan bantuan nutrisi untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu dan selimut untuk lansia serta bantuan PMT untuk balita beresiko stunting di Nagari Garabak Data. Wewe

Baca juga: Alek Anak Nagari Pacu Jawi Digelar, Astoni Dt. Indomarajo Hadir Dukung Budaya Tanah Datar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -