Bupati Solok Terima Anugerah Meritrokasi 2023 dari KASN

Arosuka, SuhaNews Bupati Solok,  Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar  menerima Anugerah Meritokrasi tahun 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan kategori baik dalam penerapan Sistem Merit dan kualitas Pengisian Jabatan Tinggi Pratama, Kamis (07/12/2023) di Kraton Grand Ballroom, Yokyakarta Marriott Hotel.

Penghargaan yang diserahkan oleh Ketua Komisi ASN Prof. Agus Pramusinto ini diterima oleh Bupati Solok yang didampingi Kepala BKPSDM Afrialdi, SE.MM dan Sekretaris BKPSDM Safriwal, S.Si. M.Cio.

Baca juga: Sumbar Raih Penghargaan Provinsi Pembina Kabupaten/Kota Sehat Terbaik

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof. Agus Pramusinto, mengatakan bahwa Anugerah Meritokrasi tersebut bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit.

“Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran, yang berkomitmen terus melakukan perbaikan manajemen ASN-nya, dan juga merupakan hasil dari komitmen untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan pembinaan dengan KASN dalam menerapkan sistem merit,” kata Agus.

Sistem merit, jelas Agus, merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Pelaksanaan sistem merit pada manajemen ASN menjadi penting sebagai upaya mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing. Sistem merit lahir berdasarkan keadilan, kemampuan, prestasi, dan kinerja sebagai landasan dalam proses rekrutmen, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin, dan pensiun pegawai.

“Ada delapan aspek penilaian dalam penghargaan tersebut,” tambah Agus Pramusinto.

Aspek tersebut adalah perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan, dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

Bupati Solok memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas keseriusan dan kerja keras ASN  Pemkab Solok yang tergabung dalam Solok Super Team.

BACA JUGA  Baznas Agam Raih Predikat Wajar dari Akuntan Publik

“Kabupaten Solok mendapatkan award dengan kategori baik, penghargaan ini diharapkan dapat lebih memicu Pemkab Solok untuk menerapkan sistem merit dengan lebih baik lagi,” ujar Epyardi Asda.

Ia berharap, dengan sistem merit, ke depannya akan tahu, siapa ASN yang benar-benar bekerja atau tidak.

“Diharapkan sistem merit dan kualitas Pengisian Jabatan Tinggi Pratama di 2024 diterapkan pada semua ASN, sehingga mereka tak hanya sekedar merima TPP saja,” kata Epyardi  Asda. Wewe

Baca juga: Bupati Sijunjung Terima Penghargaan Swasti Saba Wistara 2023

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -