Class Metting, MTsN 2 Solok Gelar Pameran Seni Karya Siswa Kelas IX

Koto Baru, SuhaNews. Menutup semester I tahun pelajaran 2019/2020 untuk siswa kelas IX, MTsN 2 Solok (MTsN Koto Baru) menggelar pameran seni hasil karya siswa di kampus madrasah setempat Guguak Panjang Koto Baru, Rabu (11/12).

Pameran sehari ini berlangsung diseluruh kelas IX yang menampilkan batik karya siswa secara berkelompok. Beragam motif dan corak ditampilkan oleh para siswa yang dipandu oleh wali kelas masing-masing.

Dalam pameran ini karya para siswa juga dilombakan dan dinilai untuk mencari siapa yang terbaik. Selain itu juga diadakan lomba foto bagi siswa, dengan objek pameran seni ini. Peserta bebas mengambil foto, dengan menentukan sendiri angel dan spot fotonya. Termasuk apakah memakai model atau cuma batik yang dipajang saja.

Kepala MTsN 2 Solok Marta Rinalson mengungkapkan bahwa kegiatan ini selain untuk mengambil nilai oleh guru juga untuk mengisi kegiatan class metting penutup semester I. Lewat kegiatan ini diharapkan motivasisiswa untuk mengembangkan bakat seni akan muncul. Apalagi batik, selain mengandung seni juga bisa memeliki nilai ekonomi yang apabila ditekuni dengan serius bisa menjadi sumber penghasilan nantinya.

 

Marta juga berterima kasih pada guru keseian Adiwiratman serta para Walikelas di kelas IX yang telah mengemas acara ini dengan baik sehingga memberi nuansa berbeda bagi MTsN 2 Solok.

Sementara itu Rawalu Maili salah satu dewan juri kegiatan ini mengatakan dalam proses penilaian ada beberapa kriteria yang diberikan. Yang utama adalah kerapian dan kebersihan karya sebagai seni yang utama. Kemudian corak dan pemakaian warna juga jadi penilaian.

“Salah satu nilai utama yang kami tekankan dari dean juri adalah kearifan lokal dalam karya. Karena lewat batik dan kegiatan ini kita tetap ingin mempertahankan kearifan lokal sebagai waridan budaya Minang,” tegas Rawalu.

“Untuk foto selain kualitas foto yang dinilai adalah sudut pengambilan, kreasi dalam objek sampai makna dari foto tersebut,” tutup Rawalu.

Para Wali Kelas IX MTsN 2 Solok yang menjadi promotor pameran karya seni siswa

Acara sehari ini melibatkan seluruh siswa kelas IX, mereka mendesign ruang kelasnya menjadi sebuah rumah pameran yang ditata mirip butik. Beragam ekpresi yang ditampilkan setiap kelas dengan panduan walinya. Moentjak

 

Facebook Comments

loading...