Coffee Morning di Kemenag Kab.Solok Dihadiri Bupati dan Forkopimda

Koto Baru, SuhaNews – Bupati Solok yang diwakili Sekda Medison bersama Forkopimda menghadiri coffee morning di aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Rabu (12/10).

Selain Forkopimda, acara ini jug dihadiri oleh pengurus Baznas Kabupaten Solok dan Ormas Islam, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Kepala Kantor Kemenag H. Zulkifli dalam laporannya menyampaikan bahwa pertemuan diadakan untuk membahas kemajuan kehidupan beragama di Kabupaten Solok sebagai tupoksi Kementerian Agama.

“Untuk mewujudkan hal itu, Kantor Kemenag Kabupaten Solok memiliki memiliki beberapa program agar masyarakat kabupaten Solok menjadi masyarakat madani,” ujar H. Zulkifli.

Diuraikannya, program tersebut antara lain Tahfizul Qur’an mulai dari tingkat RA atau TK hingga tingkat Aliyah / SMA yang diterapkan di seluruh madrasah. Output dari program ini adalah setiap lulusan madrsah memenuhi jumlah hafalan sebagai salah satu syarat dinyatakan lulus.

Kemudian pelatihan imam dan masjid, selain diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten Solok, Kemenag mewajibkan seluruh lulusan siswa dan lulusan madrasah mampun menjadi imam dan khatib. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kelangkaan imam dan khatib pada masjid-masjid yang ada di kabupaten Solok.

“Kemenag kabupaten Solok juga mencanangkan pembekalan bela negara bagi jajarannya sebagai upaya menyebarkan semangat cinta dan bela negara,” ulas Kakan Kemenag.

Ditambahkannya, kedepannya Penyuluh Agama akan berkolaborasi dengan polisi khususnya Bhabinkamtibmas dalam upaya sosialisasi hukum dan kegiatan keagaman sebagai salah satu langkah mewujudkan kerukunan dan modersi ditengah masyarakat. Untuk itu tengah dipersiapkan MoU antara Kemenag dengan Polres.

Program lainnya yang telah berjalan adalah kerjasama dengan Disdukcapil melalui program sedap. Manasik Haji Sepanjang Tahun, Kampung Zakat bersama BAZNAS, pembinaan guru pendidikan agama islam, robotik madrasah, peningkatan kualitas guru MDTA oleh BAznas dan literasi guru madrasah dan pondok pesantren.

BACA JUGA  Diserahkan Wali Kota, Baznas Pariaman Bantu Pedagang Sayur Keliling

“Satu hal yang tengah kita rintis adalah boarding school madrasah, jangka menengahnya adalah tiga madrasah boadiang schhol sesuai wilayah kabupaten Solok, di Selatan, Tengah dan Utara dan jangka panjang seluruh madrasah bahkan setiap kecamatan,” imbuh Zulkifli.

Menutup laporannya, H. Zulkifli menyampaikan bahwa saat ini tingkat kerukunan umat bergama di kabupaten Solok termasuk baik. Hal ini tidak terlepas dari peran semua pihak mulai dari FKUN sampai instansi terkait dalam mengayomi masyarakat.

Bupati Solok yang diwakili Seda Medison mengawali sambutannya dengan apresiasi program Kemenag Kabupaten Solok ini seraya menyebutkan bahwa dari paparan Kakan Kemenag sebelumnya sesuai dengan visi misi pemerintah kabupaten Solok saat ini.

“Pendidikan merupakan salah satu program utama pemerintah kabupaten Solok, komitmen dan kerjasama dari Kementerian Agama merupakan salah satu modal penting bagi terwujudnya program ini,” sebut Sekda.

Sedangkan untuk kerukunan umat beragama, Sekda mengajak seluruh pihak hingga ke tingkat nagari bahkan jorong untuk terus memupuk dan membina moderasi beragama sebagai salah satu langkah menciptakan kerukunan antar umat beragama di Solok Nan Indah.

Sekda juga mengapresiasi program dan langkah-langkah BAZNAS dalam upaya mengum;pulkan zakat dan menyalurkan sesuai aturan baik syariat maupun hukum negara, sehingga masyarakat cukup terbantu.

“Untuk zakat apresiasi khusus untuk UPZ Polres Solok yang secara aktif mengumppulkan zakat dari jajarannya kemudian disalurkan melalui BAZNAS serta memberikannya kepada masyarakat kurang mampu baik untuk biaya pendidikan hingga bedah rumah,” tukas Sekda.

Terakhir, Sekda mengajak semua lapisan masyarakat termasuk instansi pemerintah dan Ormas untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ Nasional ke 39 tingkat Kabupaten Solok yang akan digelar pada 20 sampai 24 Oktober 2022 nanti.

BACA JUGA  Kompak, Genius Umar dan Mardison Mahyuddin Saling Puji

“Semoga dengan suksesnya pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten nanti menjadi langkah awal suksesnya kafilah kabupaten solok pada MTQ tingkat Propinsi yang akan datang,” tutup Sekda. Fendi

Berita Terkit :

coffee coffee coffee coffee coffee coffee 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -