Cukur Burnley 2-0, Liverpool Geser Arsenal dari Puncak Klasemen

SuhaNews – Bertandang ke markas Burnley di pertandingan pekan ke-19 Premier League 2023/2024 di Turf Moor, Rabu (27/12/2023) dini hari WIB, Liverpool berhasil memetik poin penuh, usai mencukur tuan rumah 2-0. 

Dua gol Liverpool disumbangkan oleh Darwin Nunez menit ke-6 dan gol Diogo Jota menit ke-90. Kemenangan ini membawa Liverpool ke puncak klasemenn sementara Liga Inggris 2023/2024 dengan koleksi 42 angka, menggeser Arsenal yang mengoleksi 40 poin dengan 18 pertandingan. Sementara itu Burnley ada di posisi 19 dengan raihan 11 angka saja.

Baca juga: Liverpool ke Semifinal, Carabao Cup 2023: Hantam West Ham 5-1

Pertandingan ini tak mudah bagi Liverpool. Di babak pertama mereka bisa mendominasi tapi di babak kedua Burnley bangkit dan memberikan perlawanan sengit.

Babak Pertama

Liverpool yang memburu kememangan untuk mengamankan posisinya di puncak klasemen,  mencoba menekan lebih dahulu. Baru enam menit pertandingan berlangsung, skuad Jurgen Klopp sudah membuahkan hasil.

Liverpool memenangkan perebutan bola di sisi kiri tengah lapangan. Bola kemudian dibawa masuk ke kotak penalti dari flank kiri oleh Cody Gakpo. Ia lantas memberikan umpan pada Darwin Nunez yang ada di depan kotak penalti. Dengan sekali tendang, bola mengarah ke sudut kiri bawah gawang. 0-1.

Liverpool kemudian hampir mencetak gol lagi pada menit ke delapan. Salah bisa melepas tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti. Tapi peluang itu dengan cekatan bisa ditepis kiper Burnley.

Menit ke-28 Liverpool sempat mencetak gol melalui tembakan Gakpo. Namun gol itu dianulir wasit. Sebab sebelumnya ada pelanggaran yang dilakukan Nunez.

Menit ke-33 Liverpool hampir mencetak gol lagi. Gakpo melepas umpan panjang dari tengah lapangan pada Salah. Pemain Mesir ini langsung melepas tembakan voli dari luar kotak penalti. Namun bola cuma membentur mistar gawang.

BACA JUGA  MGMP SKI MTs Kota Padang Kunjungi MTsN 1 Kota Pariaman

Menit ke-40 peluang kembali didapat Liverpool. Wataru Endo bergerak maju ke depan kotak penalti usai mendapat umpan dari Nunez di sisi kanan. Endo melepas tembakan kaki kiri ke sisi kanan bawah gawang tapi bola masih bisa ditepis Trafford.

Liverpool terus mendominasi laga. Namun mereka tak bisa mencetak gol lagi. Burnley untuk sementara tertinggal 0-1.

Babak Kedua

Di babak kedua Burnley mencoba bangkit. Tapi mereka tak bisa melepaskan diri dari tekanan Liverpool.

Liverpool akhirnya mencetak gol pada menit ke-56 melalui tembakan Elliott dari dalam kotak penalti. Namun VAR menganulir gol itu karena dalam prosesnya, Mohamed Salah dianggap berada dalam posisi offside.

Tak disahkannya gol itu membuat permainan Burnley bangkit. Mereka kemudian sempat mengancam dari tandukan Johan Gudmundsson pada menit ke-68. Namun meski berada dalam posisi bebas di sisi kiri gawang, bola tandukannya melambung dari sasaran.

Menit ke-86 peluang emas didapat Burnley. Endo salah mengumpan dan membuat Larsen bisa melepas tembakan dari luar kotak penalti. Untungnya bola melipir tipis ke sisi kanan gawang.

Cukur Burnley 2-0, Liverpool Geser Arsenal dari Puncak Klasemen 1Semenit kemudian Liverpool mendapat peluang balasan dari aksi Luis Diaz. Ia berhasil menemukan celah di halfspace kiri pertahanan Burnley dan kemudian melepas tembakan dari dalam kotak penalti. Tapi bola masih bisa diblok Trafford.

Pada menit ke-90, Liverpool akhirnya mencetak gol keduanya. The Reds memenangkan perebutan bola di lini tengah dan mereka melepas serangan cepat melalui Diogo Jota, yang kemudian mengoper bola pada Luis Diaz di kotak penalti. Namun Diaz tak bisa menemukan celah dan memberikan bola kembali pada Jota. Peluang itu akhirnya bisa dituntaskan dengan tembakan keras kaki kiri pemain Portugal tersebut dari jarak dekat. 0-2!

BACA JUGA  Dinas Nakertrans Sijunjung Gelar Pelatihan Tata Boga

Gol ini akhirnya menyegel kemenangan Liverpool. Burnley tunduk 0-2.

Susunan Pemain

Burnley (4-4-2): James Trafford; Charlie Taylor, Jordan Beyer, Dara O’Shea, Vitinho; Wilson Odobert, Josh Brownhill, Sander Berge, Mike Tresor; Mohamed Zeki Amdouni, Lyle Foster

Pelatih: Vincent Kompany

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Jarell Quansah, Virgil Van Dijk, Joe Gomez; Harvey Elliott, Wataru Endo, Ryan Gravenberch; Mohamed Salah, Cody Gakpo, Darwin Nunez

Pelatih: Jurgen Klopp

Baca juga: Liga Europa: Liverpool Hantam Toulouse 5-1 di Anfield

Sumber: bola.net

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -