Dekranasda Kabupaten Solok Buka Puasa Bersama Pelaku UMKM

Singkarak, SuhaNews – Dekranasda Kabupaten Solok gelar silaturrahmi sekaligus berbuka puasa bersama 150 Pelaku UMKM, Sabtu, 30 Maret 2024, di Kediaman Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Nagari Singkarak.

Acara ini juga dihadiri Bupati Solok selaku Penasehat Dekranasda Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar dt Sutan Majo Lelo, Ketua Dekranasda Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, Kepala DKUKMPP/Ketua Harian Dekranasda Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si, Ketua Komunitas UMKM Syafri dan para pelaku UMKM.

Baca juga: Diawali Buka Puasa Bersama, TSR Gubernur Sumbar Kunjungi Masjid Syura Pandan

Kepala DKUKMPP sekaligus Ketua Harian Dekranasda Ahpi Gusta Tusri menyampaikan bahwa kegiatan diikuti oleh 150 Pelaku UMKM dan mayoritas dihadiri pelaku usaha yang bergerak di sektor  makanan dan minuman.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun hubungan yang baik antara Pemerintah Daerah melalui Dekranasda dan Pelaku UMKM dalam menyamakan persepsi, sinergitas dan kekompakan sehingga program yang dimiliki oleh Pemerintah dapat terlaksana dengan baik,” ujar Ahpi Gusta Tusri.

Alhamdulillah dalam tiga tahun Pemerintahan Bupati Solok, jelas Ahpi Gusta Tusri, telah banyak program yang terlaksana, mulai dari kegiatan pelatihan, studi banding, maupun bantuan peralatan bagi pelaku UMKM.

“Ke depan pemerintah akan berupaya memfasilitasi pelaku UMKM dengan pinjaman modal tanpa bunga, salah satunya dengan menjajaki kerjasama dengan beberapa Bank yang ada di Solok,” tambah Ahpi Gusta Tusri.

Ketua Dekranasda Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda menyampaikan ucapan terima kasih kepada pelaku UMKM atas kehadirannya, semoga kegiatan ini dapat lebih mempererat silahturahmi sehingga dapat mewujudkan visi Mambangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat.

“Semoga pelaku UMKM Kabupaten Solok dapat menjadi penunjang perekonomian keluarga, dan dapat mengembangkan kreativitas dalam mengolah produknya, sehingga penjualan terhadap hasil produknya bisa lebih meningkat lagi,” ujar Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

BACA JUGA  Marapi Batuk Lagi, Getarannya Sampai ke Pandai Sikek

Pelaku UMKM, tambah Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, diharapkan dapat berinovasi mengikuti perkembangan zaman, mempunyai marketing yang bagus, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Bupati Solok Epyardi Asda menjelaskan jika UMKM akan menjadi ujung tombak perekonomian di Kabupaten Solok. UMKM sangat berperan penting terhadap upaya mengembangkan sektor pertanian dan parwisata.

“Kita ingin Pariwisata di Kabupaten Solok tidak hanya dikenal dengan alam yang indah dan memanjakan mata, namun juga dengan cita rasa kulinernya yang enak dan beragam,” harap Epyardi Asda.

Saya percaya, jelas Epyardi Asda, bahwa kita bersama juga berkeinginan agar Kabupaten Solok dapat lebih maju lagi. Untuk itu, mari kita tingkatkan terus kerjasama yang baik sehingga kita dapat mewujudkan Solok yang terbaik di berbagai lini.

“Pemerintah Daerah akan berupaya membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui tempat-tempat wisata dan usaha-usaha yang ada di Kabupaten Solok,” tambah Epyardi Asda.

Dalam kesempatan dialog dengan Pelaku UMKM, pengelola penginapan menyampaikan bahwa ada tamu dari luar daerah yang hendak menginap di penginapannya, namun belum memiliki hubungan yang sah/menikah (dalam satu ruang yang sama).

Dekranasda Kabupaten Solok Buka Puasa Bersama Pelaku UMKM 1“Permintaan tersebut, secara tegas saya tolak. Diharapkan ada kebijakan Pemerintah Daerah untuk meminimalisir kejadian serupa,” ujar Molin, salah seorang pengelola penginapan.

Menanggapi hal ini., Bupati mengatakan akan membuat semacam edaran larangan menginap bagi pasangan yang belum menikah di kamar/ruangan yang sama kepada seluruh pelaku usaha penginapan yang ada di Kabupaten Solok.

Untuk lebih efektifnya penggunaan Gedung Promosi UMKM Kabupaten Solok yang ada di Selayo, para pelaku UMKM mengusulkan untuk meniadakan pagar bagian depan Gedung Promosi tersebut, sehingga tersedia lahan parkir yang cukup untuk menampung kendaraan pengunjung yang hendak berbelanja di sana.

BACA JUGA  Dekranasda Sumbar Lakukan Pembinaan dan Identifikasi Produk UKM Padang Panjang

“Kita setuju dengan usulan pelaku usaha ini, demi meningkatkan peluang pemasaran dan meningkatkan daya beli masyarakat terhadap Produk UMKM Kabupaten Solok,” jelas Bupati Epyardi Asda. Wewe

Baca juga: Ikatan Keluarga Gurun Saiyo Sumbar Gelar Buka Puasa Bersama

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -