Dekranasda Kota Padang Gelar Lomba Desain Busana Khas Daerah

SuhaNews —Mewadahi para desainer berbakat di Kota Padang, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Padang gelar ‘Lomba Desain Busana Khas Daerah Kota Padang Tahun 2023’.Iven perlombaan yang mengusung tema ‘Padang Rhythm of Heritage’, nantinya akan dihiasi oleh para desainer berbakat pada puncak acara Rabu (22/11/2023) di salah satu hotel berbintang Kota Padang. lomba lomba lomba

Ketua Dekranasda Padang, Ny. Genny Hendri Septa menuturkan, salah satu tujuan lomba tersebut diadakan oleh Dekranasda Padang, berupa wadah dari para desainer dari 11 kecamatan se-Kota Padang untuk menyalurkan bakatnya.

“Salah satu tujuan iven ini digelar yaitu untuk mencari bibit-bibit atau potensi dari sebelas kecamatan se-Kota Padang. Sebab, saya di Kota Padang sendiri mempunyai desainer muda dan berbakat, namun belum menemukan wadah untuk menyalurkannya,” jelas Ny. Genny Hendri Septa di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota kepada Diskominfo Padang, Jumat (17/11/2023).

Terkait peserta, isteri Wako Hendri Septa juga menerangkan, dua peserta dari masing-masing kecamatan se-Kota Padang itu akan menghiasi kategori kasual dan khas Kota Padang.

“Terkait peserta, kita meminta setiap kecamatan mengirimkan dua orang desainer. Satu orang di kategori kasual, satu orang lainnya di kategori di khas Kota Padang,” tambahnya.
Isteri Wako Hendri Septa berharap, bakat-bakat yang terpendam tersebut menemukan rumahnya, menyalurkan kreatifitasnya. Apalagi antusiasme dari para peserta juga menantikan hal serupa.

“Harapan kami, supaya mereka dapat menyalurkan kreatifiktasnya melalui iven ini. Itu salah satu poin pentingnya. Saya melihat, ternyata dua peserta perwakilan kecamatan se-Kota Padang memang berbakat sekali dan juga sangat antusias,” akunya.

Kemudian, Ny Genny Hendri Septa menjelaskan, pada puncak acara, Selasa (22/11/2023) dapat menemukan pemenang yang berbakat. Menjadikan penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk berkembang lebih baik.

BACA JUGA  Usai Tampil, Nilai Peserta MTQ Langsung Ditayangkan Juri

“Begitu pula bagi yang belum beruntung, semoga hal ini dapat menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Sehingga setelah iven, para peserta dapat berkembang dan sukses ke depan,” harapnya.

Di waktu yang sama, Kepala Disnakerin Padang, Ferri Erviyan Rinaldy yang juga merupakan Ketua Harian Dekranasda Padang menerangkan, kegiatan ini sudah dimulai dengan technical meeting Coaching I dan Coaching II pada Selasa (14/11/2023) yang merupakan bagian dari penilaian desain serta puncak kegiatan pada 22 November 2023 nanti.

“Kegiatan ini sudah dimulai dari 2 Minggu yang lalu. Dari coaching pertama dan coaching kedua. Coaching kedua ini sudah masuk ke tahapan penilaian daripada desiain yang mereka buat,” jelas Ferri Erviyan Rinaldy.

Adapun tamu yang akan menghadiri, jelas Ketua Harian, akan dihariri oleh OPD yang betut-betul terkait pengembangan industri kreatif hingga komunitas pemerhati daripada desainer khas daerah.

“Harapan kita, tentu paling tidak bibit-bibit dari desainer Kota Padang ini bisa muncul, bisa juga membuka lapangan pekerjaan. Baik industri, fashion, serta bisa juga berbicara di nasional ataupun internasional dengan mengangkat busana khas Kota Padang,” harapnya. (*)

Baca Juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -