Dihadiri Bupati, Kakanwil Buka Raker Kemenag Kab. Solok Tahun 2023

Koto Baru, SuhaNews – Kepala Kanwil Kementerian Agama propinsi Sumbar H. Helmi membuka rapat kerja (Raker) Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Selasa (21/3) di aula asrama putri MAN 1 Solok (MAN Koto Baru).

Ikut menghadiri pembukaan Raker ini, Bupati Solok yang diawakili oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan Mulyadi Marcos, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Hj. Nazifah Helmi, Kabid Penmad H. Hendri Pani Dias, Ketua DWP Kemenag Kabupaten Solok Ny. Yessy Zulkifli dan Ketua Basnaz KAbupaten Solok Drs. Edwar, MM.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli dalam laporannya menyampaikan bahwa Rapat Kerja ini digelar untuk mengimplementasikan program Kementerian Agama kepada seluruh jajaran Kantor Kemenag Kabupaten Solok, sebagaimana yang dibahas dalam Rakernas dan Rakerwil.

“Selain itu Raker ini merupkan refleksi  dan evaluasi dari kinerja jajaran Kemenag Kabupaten Solok,” ujar Zulkifli.

Dalam kesempatan ini, Kakan Kemenag juga melaporkan pencapaian dan realisasi tujuh program strategis Kementerian Agama oleh Kantor Kemenag Kabupaten Solok diantaranya revitalisasi KUA, Digitalisasi Layanan, Moderasi Beragama, peningkatan mutu madrasah dan kemandirian pondok pesantren, peningkatan layanan layanan haji termasuk pelayanan ramah lansia dan mensyiarkan wakaf, serta Binwin online yang diterapkan oleh KUA Kecamatan.

Kakan Kemenag juga melaporkan, untuk peningkatan mutu pendidikan madrasah dan pendidikan agama Islam di Kabupaten Solok sebagai upaya menciptakan generasi milenial yang islami, jajarannya menerapkan 4T1P yakni, Terjamin Aqidahnya, Tuntunan ibadah, Terjaga Akhlaknya, Terampil Sains dan Teknologi serta cakap komunikasi.

Bupati Solok yang diwakili Mulyadi Marcos mengapresiasi penerapan digitalisasi layanan pada Kantor Kemenag Kabupaten Solok sebagai bentuk peningakatan pelayanan pemerintah pada masyarakat yang menyentuh semua lini, mulai dari intern kantor Kemenag hingga pelayanan KUA dan Madrasah.

BACA JUGA  Baznas Kabupaten Solok; Potensi Zakat Rp25 Miliar, Terkumpul Rp6.8 Miliar

Mulyadi juga mengimbau keluarga besar Kantor Kemenag Kabupaten Solok untuk turut menyukseskan program-program pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan mambangkik batang tarandam dan kabupaten Solok sebagai kabupaten terbaik di Sumatera Barat.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Helmi yang membuka Raker Tahun 2023 Kantor Kemenag Kabupaten Solok mengucapkan terima kasih atas apresiasi pemerintah daerah pada jajarannya, serta apresiasi untuk Kakan Kemenag yang telah meneruskan keputusan Rakernas dan Rakerwil menjadi Raker yang diikuti jajaran Kementerian Agama di Kabupaten Solok.

Kepada pada peserta Raker dan seluruh jajararan kemenag di Kabupaten Solok, H. Helmi mengajak masih banyak program-program Kementerian Agama yang belum berjalan optimal.

“Ini menjadi tugas kita bersama sebagai abdi negara dalam melayani masyarakat dibidang keagamaan,” pesan Helmi.

Usai dibuka, Kakan Kemenag menyerahkan buku panduan Gema Sammara Berkah, yang merupakan program Kanwil Kemenag Sumbar yang diterapkan di Kabupaten Solok.

Ketua Panitia Raker H. Fuadi Nawawi yang ditemui usai pembukaan, bahwa kegiatan ini diikuti 40 peserta offline yang terdiri dari Kepala Seksi, Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah, pejabat fungsional.

Sedang online diikuti oleh Pengawas, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Kepala Urusan Tata Usaha Madrasah dan wakil kepala madrasah.

Narasumber lainnya Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli akan membahasa capaian kinerja Kementerian Agama Kabupaten Solok tahun 2022 serta strategi peningkatan kinerja tahun 2023.

Ketua Baznas Kabupaten Solok Drs. Edwar, MM akan menyampaikan materi sosialisasi dan evaluasi zakat tunjangan kinerja dan tunjangan profesi guru. Sedangkan ketua MUI Drs. H. Afrijal Harun akan mengupas tentang merajut kerukunan umat dengan pengutan moderasi beragama. Fendi

Berita Terkait :

BACA JUGA  Hari Santri 2023, Kemenag Kab. Solok gelar Tabligh dan Zikir Akbar

kanwil kanwil kanwil 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -