Dipadati Ribuan Warga, Pawai Alegoris HUT RI Padang Panjang Berlangsung Semarak

SuhaNews— Pawai Alegoris, Sabtu (19/8), menjadi puncak rangkaian Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 yang digelar Pemko Padang Panjang. Dibuka Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, pawai berlangsung semarak dihadiri ribuan warga.
Berbagai unsur berpartisipasi mengikuti pawai kemerdekaan ini. Pawai diawali dari Jalan Sudirman menuju rute yang telah ditentukan.

Diperkirakan sekitar 7.000 peserta dari 41 kelompok kirab sekokah turut serta memeriahkan pawai alegoris ini. Di antaranya Sekolah Dasar (SD) yang dikelompokkan berdasarkan gugus, SLTP dan SLTA, termasuk pesantren-pesantren yang ada di lingkungan kota.

Sedangkan untuk kendaraan hias masing-masingnya 30 unit roda dua maupun roda empat. Terdiri dari OPD, Bawaslu, KPU, Kemenag dan Bank Nagari.

Bukan hanya dari Padang Panjang, beberapa sekolah dari luar kota juga terlibat. Seperti SDN 07 Singgalang, SDN 15 Aia Angek, SMPN 1 X Koto, SMPN 3 X Koto, SMPN 5 X Koto.

Pawai diawali dengan kirab anggota Paskibaraka, dilanjutkan dengan marching band dan parade berbagai sekolah, OPD, BUMD dan lainnya.

Wako Fadly dalam sambutannya mengapresiasi keterlibatan berbagai pihak mengikuti pawai alegoris ini. Di samping itu, ia mengajak memaknai perjuangan para pahlawan.
“Perjuangan para pendahulu kita ini perlu kita maknai dan hargai semangat mereka.

Sepanjang sejarah, tidak ada yang mampu memerdekakan Indonesia. Persatuan dan Sumpah Pemuda-lah yang akhirnya melahirkan proklamasi. Keberagaman modal utama bangsa kita,” kata Fadly.

Tagline “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, lanjutnya, memiliki tujuan bahwa sebagai bangsa Indonesia hendaknya bersumbangsih dan bertanggung jawab, secara luas demi kemajuan bangsa.

Turut hadir, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Wakil Ketua DPRD, Imbral, S.E, Forkopimda, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly, Sp.JP, Ketua GOW, Nova Era Yanthy Asrul, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Sri Hidayani Sonny, dan undangan lainnya. (*)

BACA JUGA  Pawai Aleg0ris, Bupati Agam Ikut Dodombaan Bareng Paguyuban Jawa

Baca Juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -