Disdikbud Mentawai Gelar Workshop Peningkatan KompetensiGuru dan Kepala Sekolah

Mentawai,SuhaNews – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar workshop peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru selama tiga hari, 25 s.d 27 September 2024 di Penginapan Jelita Tua Pejat.

“Workshop ini  untuk memberikan pemahaman kepada kepala sekolah dan guru atas perubahan Kurikulum, baik dari segi regulasi, konsep perubahan maupun pengimplementasiannya di kelas,” ujar Ketua Pelaksana, Leni Astria Sapalakai.

Baca juga: Gelar Workshop, MIN 1 Solok Tingkatkan Kompetensi Guru

Kegiatan yang dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai Aban Barnabas Sikaraja, S.Pd., ini diikuti oleh 62 orang. Sementara narasumber Workshop dari BBPMP Sumbar  yakni Feri Fren dan Rijal.

Kepala Bidang SMP Jumeisri, ST, M.Ec.Dev menyampaikan bahwa perubahan harus disikapi dengan serius agar tidak terjadi kesalahpahaman.

“Saat ini, perubahan dalam dunia pendidikan sangatlah banyak seperti perubahan kurikulum, perubahan sistem pengangkatan Kepala Sekolah Pengawas Sekolah, aturan naik pangkat, penilaian kinerja guru dan kepala sekolah,” ujar Jumeisri.

“Kepala Sekolah adalah pemimpin di sebuah sekolah. Kepala sekolah yang baik adalah yang bisa memberikan inovasi dan dorongan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya,” ujar Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Aban Barnabas Sikaraja.

Ahli mengatakan bahwa kualitas dari suatu sistem pendidikan tidak akan dapat melampaui dari kualitas gurunya. Demikian juga halnya dengan Kepala Sekolah, sekolah yang bagus tidak mungkin dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang memiliki kompetensi rendah.

“Kepala sekolah harus bisa menjadi motivator dan mentor di sekolah,” tambah Aban Barnabas Sikaraja.

Aban Barnabas Sikaraja mengajak peserta workshop untuk meningkatkan mutu pendidikan kita di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan jangan berhenti bertarung (Don’t stop fighting) untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Feri F/Wewe

BACA JUGA  Genius Umar Buka Workshop Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Dasar

Baca juga: Kepala Sekolah SMP, SD, dan TK Kabupaten Tanah Datar Ikuti Jalan Santai dalam Rangka HUT RI ke-79

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -