Disdikpora Kab. Solok Gelar Seleksi Calon Kepala SD dan SMP

Kepala Disdikpora Kab. Solok bersama panitia seleksi calon kepala sekolah

Panyakalan, SuhaNews. Bertempat di SMPN 4 Kubung yang lokasinya nyaman dari kebisingan lalu lintas, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Solok menggelar Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah untuk tingkat pendidikan dasar jenjang SD dan SMP pada Kamis dan Jumat (19-20 Desember 2019) yang lalu.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Disdikpora Kab. Solok H. Zulkisar yang didampingi oleh Kabid Pembinaan SMP H. Sakar Soeib dan pejabt terkait lainnya.

Dalam laporannya H. Sakar Soeib menyampaikan bahwa pelaksanaan seleksi ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah yang sudah tidak sesuai lagi dengan dinamika perkembangan sistem pendidikan nasional.

Pada Disdikpora kabupaten Solok kegiatan Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah ini sangat mendesak dilakukan berhubung ketidaktersedianya tenaga kepala sekolah untuk tahun 2020.

Hal ini disebabkan antara lain banyaknya tenaga yang memasuki masa pensiun.
Selain itu pada jenjang SMP juga disebabkan beberapa kepala sekolah tersebut telah mengabdi selama waktu maksimal yakni 12 tahun.

“Maka ada beberapa sekolah baik SD maupun SMP posisi kepala sekolah dijabat oleh PLT,” terang H. Sakr Soeib.

Ditambahkannya, tujuan Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah ini supaya dihasilkan Kepala Sekolah yang handal yakni kepala sekolah yang memiliki potensi kepemimpinan yang baik.

Salah satu peserta sedang mengikuti tes wawancara

Seleksi ini diikuti oleh calon kepala sekolah yang telah lulus syarat adninistrasi. Adapun jumlah 10 orang peserta untuk jenjang SMP dan 20 orang untuk jenjang SD yang telah terpilih sebagai peserta karena terbaik dari yang baik.

“Bentuk seleksi yang diikuti tanggal 19 Desember 2919 tes tertulis dan dilanjutkan dengan tes wawancara tanggal 20 Desember 2020,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Disdikpora H. Zulkisar mengucapkan selamat pada 30 peserta yang mendapat kesempatan mengikuti seleksi ini. Dengan harapan yang sama sebagaimana disampaikan oleh Kabid Pembinaan SMP, ia berharap peserta yang lolos nantinya akan membawa kemajuan pada dunia pendidikan di Kab. Solok.

Sebagai penanggungjawab kegiatan ini adalah Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Solo. Asesor Dra.Hj.Sri Elniati,MA dari UNP , Dra.Yetty Morelent,M.Hum dari FKIP Bung Hatta dan Dra.Elda Tesnadiani,MM dari Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat Cabdin Wilayah VII Pesisir Selatan.

reporter : DL  editor : Moentjak

 

Facebook Comments

loading...