Disdukcapil Kabupaten Solok Raih Anugerah Layanan Publik Terinovatif

Arosuka, SuhaNews – Malam Resepsi Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-79 di Kabupaten Solok, yang digelar pada Sabtu, 17 Agustus 2024 di Convention Hall Alahan Panjang terasa lebih istemewa bagi jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) karena pada malam itu, Disdukcapil menerima anugerah layanan publik terinovatif di Kabupaten Solok.

“Alhamdulillah, ini hasil kerja keras semua jajaran Disdukcapil,” ujar Ricky Carnova, usai menerima anugerah tersebut dari Bupati Solok.

Baca juga: Layanan Panggilan Kedaruratan 112 Kabupaten Dhamasraya Resmi Dilaunching

Anugerah layanan publik terinovatif  Kategori Perangkat Daerah ini juga diterima oleh  DPMPTSPNAKER, Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebagai terbaik 2, 3 dan 4.

Sementara untuk Kategori Puskesmas, standar pelayanan public terbaik 1 dan 2 didapat oleh Puskesmas Tanjung Bingkung dan Puskesmas Singkarak.

Selanjutnya, Anugerah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) terbaik 1, 2 dan 3 diraih oleh Inspektorat Daerah, Barenlitbang dan Disdukcapil. Kemudian Anugerah Kecamatan Berprestasi 1, 2 dan 3 didapatkan oleh Kecamatan X Koto Singkarak, Kubung dan Kecamatan Lembah Gumanti.

Anugerah Pengelolaan Keuangan, Asset dan Administrasi Pemerintah Nagari terbaik 1, 2 dan 3 diraih oleh Nagari Talang Babungo, Nagari Salimpek dan Nagari Sumani. Anugerah Pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) diraih oleh Nagari Surian, Dilam dan Nagari Pianggu.

Sedangkan Anugerah Layanan Publik Nagari terbaik diterima oleh Nagari Indudur, Nagari Cupak  dan Nagari Singkarak.

Malam resepsi HUT RI ini dihadiri oleh Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar., Ketua TP-PKK Hj. Emiko Epyardi Asda, Pimpinan DPRD, Ivoni Munir, anggota DPRD, Kapolres Solok AKBP. Muari, S.I.K, M.M, M.H., Sekda Medison, S.Sos, M.Si., dan undangan lainnya.

Acara dibuka dengan penampilan artis lokal Ovhie Firsty, penampilan tari kolosal dari Forum Genre Kabupaten Solok, dan artis Ibu Kota Kristina. Selain itu juga ditampilkan pegelaran seni lainnya.

BACA JUGA  Sekolah Penggerak: Bunda PAUD Gunting Pita di TK Istiqomah Surau Kamba

Sekda Medison selaku Ketua Panitia Perayaan Hut RI Ke-79 mengatakan bahwa begitu banyak momen yang telah diciptakan bersama Bupati Solok, termasuk dalam perayaan HUT RI.

“Upacara HUT RI di Kabupaten Solok tergolong unik,  karena  kita melaksanakan Pengibaran bendera Merah Putih di atas puncak Gunung Talang dan di Danau Singkarak, dan kawasan Convention Hall di Danau Dibawah,” ujar Medison.

Kami merasa sangat bangga, tambah Medison, karena Bapak Bupati telah menciptakan momen- momen yang begitu indah pada setiap perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia,  khususnya di Kabupaten Solok.

Banyak agenda yang dilaksanakan dalam menyambut HUT RI yang ke-79 ini, diantaranya pembagian 1.000 bendera Merah Putih kepada masyarakat, pelayanan terpadu di dua titik, Koto Baru dan convention Hall Alahan Panjang, senam massal dan outbond.

“Di internal SKPD kami juga sudah melakukan lomba-lomba, hari ini juga menciptakan sejarah karena untuk pertama kalinya puncak perayaan HUT RI di Kawasan Alahan Panjang,” jelas Medison.

Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar mengatakan bahwa dirinya tidak menduga jika acara malam resepsi ini penuh kejutan yang sungguh luar biasa.

“Saya tidak bisa membayangkan bagaimana perjuangan para pendahulu kita, sehingga hari ini kita bisa merasakan hidup terbebas dari penjajahan,” ujar Epyardi Asda.

Saya atas nama pribadi merasa sangat terharu dan bangga terhadap acara HUT RI ke-79 ini yang begitu luar biasa dan semarak.

“Selama saya menjabat sebagai Bupati Solok,  HUT  RI ke-79 inilah yang paling terasa sampai ke lubuk hati yang paling dalam, karena begitu semarak dan sangat banyak yang hadir,” puji Epyardi Asda.

Disdukcapil Kabupaten Solok Raih Anugerah Layanan Publik Terinovatif 1Disdukcapil Kabupaten Solok Raih Anugerah Layanan Publik Terinovatif 2HUT RI Ke-79 ini, jelas Epyardi Asda, merupakan perayaan HUT RI ini yang terakhir baginya, sebagai Bupati Solok. Tak ada gading yang tak retak, untuk itu saya meminta maaf atas segala kekurangan.

BACA JUGA  Di Pasaman, 38.737 Perkawinan Belum Tercatat Disdukcapil

“Walaupun sebentar lagi saya akan mengakhiri masa kepemimpinan, saya berharap kebersamaan ini dapat terus berlanjut, terus terang saya akan sangat merindukan saat-saat yang berbahagia ini,” tambah Epyardi Asda.

Bupati papar Epyardi Asda, berpesan agar ke depan, jangan pernah mengurangi spirit fighting  dalam menjaga keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Solok demi cita-cita menjadi yang terbaik di Sumbar. Wewe

Baca juga: Sutan Riska Minta RSUD Sungai Dareh Terus Tingkatkan Pelayanan

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -