DMI Kab. Solok Ajak Masyarakat Sambut Tahun Baru Dengan Tabligh dan Zikir

H. Syamsir Khatib Sampono Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Solok.

Koto Baru, SuhaNews. Melanjutkan himbauan Bupati Solok  tentang Perayaan Tahun Baru, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Solok juga mengeluarkan seruan. Agar pada malam tahun baru nanti diisi dengan kegiatan keagamaan dan tidak berhura-hura.

Hal ini disampaikan oleh H. Syamsir Khatib Sampono Ketua DMI Kab. Solok usai shalat Jumat (27/12) di Masjid Agung Nurul Mukhlisin Islamic Center Koto Baru. Dalam seruan bernomor 007/DPD=DMI/Kab.Solok/XII-2019 ini menyampaikan dua hal yakni agar masjid dan mushalla mengadakan kegiatan keagamaan seperti tabligh akbar, zikir bersama yang melibatkan masyarakat uatamanya generasi muda.

Kemudian dalam pelaksanaan egiatan tersebut pengurus masjid / mushalla berkoordinasi dengan Camat, Forkopimcam, Kepala KUA, Wali Nagari dan tokoh-tokoh agama.

Dijelaskan H. Syamsir himbauan ini dikeluarkan agar generasi muda kita tidak lagi terlena menikmati budaya yang bukan milik kita orang Minang yang menganut Adat Basandi Syara’ dan Syara’ basandi Kitabullah.

“Kini saatnya para Ninik Mamak dan kita semua mendekatkan kembali generasi muda dengan ABS SBK, mari manfaatkan momen tahun baru hijriah ini sebagai salah satu langkahnya,” ajak H. Syamsir.

Selain Tabligh Akabar dan Zikir, DMI juga mengajak pengurus masjid dan mushalla untuk menghidupkan kegiatan remaja masjid sebagai salah satu upaya menyalurkan bakat dan aspirasi generasi muda dibidang keagamaan.

“Bisa saja dimalam tahun baru nanti, pengurus masjid mengadakan lomba-lomba keagamaan yang melibatkan generasi muda sekitar. Ini salah satu cara memanggil generasi muda ikut memakmurkan masjid,” ulas H. Syamsir.

Bupati Solok H. Gusmal memimpin rapat koordinasi menyambut tahun masehi 2020.

Sementera itu Pemerintah Kabupaten Solok juga mengeluarkan himbauan setelah mengadakan rapat koordinasi menyambut tahun baru masehi 2020 ini di ruang Solok Nan Indah pada Jumat (20/12) yang lalu.

Dalam rapat yang dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal tersebut meminta jajaran Pemerintahan seperti Camat dan Walinagari meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait untuk memantau situasi hingga mengantisipasi kegiatan-kegiatan yang dapat merusak kemanan dan kenyamanan masyarakat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengadakan kegiatan hiburan musik dan orgen tunggal pada malam perayaan menyambut tahun baru 2020,” tegas H. Gusmal.

Bupati juga menghimbau masyarakat tidak membunyikan / membakar petasan / kembang api yang dapat menimbulkan ledakan serta tidak melakukan konvoi kendaraan dijalan raya.

Diakhir himbauannya Bupati Solok mengajak masyarakat untuk melaksanakan perayaan menyambut tahun baru 2020 dengan melakukan kegiatan zikir bersama dan pengajian dimasjid-masjid serta kegiatan ibadah keagamaan ditempat peribadatan sesuai agama masing masing dengan mengikut sertakaan instansi yang ada dikecamatan,para ulama,tokoh masyarakat,pemuda serta unsur masyarakat lainya. Moentjak

Baca Juga :

Pengurus DMI Kab. Solok dan MUI Kecamatan Dikukuhkan

Facebook Comments

loading...