Edukasi Bahaya Api, 47 Siswa TK Islam Ar Rasyid Kunjungi Damkar Payakumbuah

Payakumbuh, SuhaNews – Sebanyak 47 orang siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Ar Rasyid, Kelurahan Balai Panjang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, kunjungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh, Rabu (27/9). api

Didampingi Kepala Sekolah, Riri Sakti bersama enam orang tenaga pendidik lainnya, 47 siswa tersebut antusias mengikuti kegiatan yang mengusung tema “Aku Ingin Menjadi”. secara keseluruhan, ada 55 orang siswa TKI Ar Rasyid, namun karena beberapa alasan, delapan siswa tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Dikonfirmasi usai kegiatan, Kepala Sekolah, Riri Sakti menjelaskan, kegiatan kunjungan ke Pemadam Kebakaran menjadi agenda yang memang telah tertuang dalam program pembelajaran tahun 2023. dengan tema “Aku Ingin Menjadi”, program ini sangat mengedukasi siswa.

“Kunjungan ke Pemadam Kebakaran ini merupakan salah satu program kegiatan tahun 2023. kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada para siswa akan bahaya api. Beberapa kasus kebakaran kita lihat, penyebabnya adalah anak-anak yang bermain api tanpa memikirkan akibatnya,” jelas Riri.

Selain itu, lanjut Riri, kunjungan ini juga dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa bawa api yang kecil akan memberi manfaat bagi manusia, sementara api yang besar akan mendatangkan bahaya. Di samping itu, kegiatan ini juga menumbuhkan kecintaan dan penghargaan siswa terhadap sebuah profesi, yaitu memberikan bantuan dalam memadamkan api.

“Dengan beberapa atraksi yang ditunjukkan oleh petugas Damkar dengan melibatkan beberapa siswa, seperti bagaimana memanfaatkan api jika ia kecil, atau memadamkan api yang besar secara bersama-sama, hal ini juga mengedukasi siswa bahwa profesi sebagai anggota Damkar adalah profesi yang mulia, yaitu membantu sesama. Bisa saja setelah dewasa nanti, para generasi kita ini memilih mendedikasikan diri mereka pada profesi ini,” tutur Riri.

BACA JUGA  Tagana Kota Solok Ikuti Mitigasi Bencana Susur Sungai Bersama WMI

Selain beberapa tujuan kegiatan kunjungan ke Pemadam Kebakaran yang telah diuraikan, Riri menyebut bahwa kegiatan ini memberi manfaat bahwa siswa diajarkan untuk memiliki jiwa kepahlawanan dan rasa sosial yang tinggi. Menutup penjelasannya, Riri mengatakan, usai kegiatan di Posko Pemadam Kebakaran, siswa dan para pendamping diajak berkeliling Kota Payakumbuh menggunakan mobil Pemadam Kebakaran. Sesi ini memberikan kebahagiaan bagi seluruh siswa.*

Baca Juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -