Erupsi Merapi, Bupati Agam Himbau Warga tetap Waspada

SuhaNews – Aktivitas Gunung Marapi Belum Mereda dan Masih Erupsi, Bupati Agam Himbau Kosongkan Wilayah Sejauh 3km di Sekitar Kawah Gunung Api Marapi

Gunung Marapi di Kabupaten Agam mengalami erupsi. Aktivitas Gunung Marapi yang terletak di dua kabupaten, yaitu Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, belum menunjukkan tanda-tanda bakal mereda. Erupsi kecil masih terjadi hingga Senin (9/1/23).

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi mencatat Erupsi Gunung Api Marapi yang terekam Sesmograf pada tanggal 7-9 Januari 2023 pukul 18.50 WIB sebanyak 72 kali (7 Januari 15 kali, 8 Januari 27 kali, dan 9 Januari 30 kali).

Setidaknya ada dua erupsi teramati dengan ketinggian abu sekitar 150 meter 250 meter di atas puncak. Erupsi lainnya tidak teramati karena tertutup kabut.

Maka Bupati menghimbau dalam Surat Edaran Bupati Agam No.360/20/BPBD-AG/I/2023 tentang Himbauan untuk Meningkatkan Kewasapadaan bagi Masyarakat yang Berada di Kawasan Gunung Api Marapi bahwa saat ini Gunung Api Marapi berada pada status Level II (Waspada), maka dihimbau kepada masyarakat Kabupaten Agam dan pengunjung/wisatawan untuk melakukan tindakan sebagai berikut :

 

1. Mengosongkan wilayah di sekitar Gunung Api Marapi dengan radius 3km dari kawah/puncak.

2. Dilarang melakukan aktivitas pendakian/wisata ke Gunung Api Marapi.

3. Masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap menjaga kewaspadaan terhadap ancaman erupsi Gunung Api Marapi (*/Mat)

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Sukseskan Pemilu, KPU Pasaman Bekali Badan Ad Hoc Penyusunan DPTb
- Advertisement -
- Advertisement -