Euro 2024: Portugal Singkirkan Slovenia Lewat Adu Penalti

SuhaNews – Slovenia memberikan perlawanan atas Portugal dalam penyisihan ke babak perempat  final Euro 2024. Dalam pertandingan yang berlangsung Selasa (2/7/2024) dini hari WIB, di Deutsche Bank Park, Frankfurt, pertandingan harus diakhiri lewat adu penalti, menyusul hasil imbang 0-0 dalam waktu normal dan extra time.

Portugal akhirnya memastikan lolos ke babak perempat  final usai menang 3-0 dalam adu penalti. Tiga tendangan Sloveia berhasil dimentahkan oleh penjaga gawang Diogo Costa, sementara Portugal sukses mengeksekusi tiga tendangan penalti dengan sempurna.

Baca  juga: Euro 2024: Cukur Turki 3-0, Portugal Lolos ke Babak 16 Besar

Jalannya Pertandingan

Tak ada gol sama sekali yang tercipta di sepanjang 2×45 menit waktu normal. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak extra time.

Demikian halnya dengan yang terjadi di babak extra time. Portugal dan Slovenia sama-sama memperoleh peluang emas, tetapi gol yang dinanti tak juga lahir.

Portugal akhirnya keluar sebagai pemenang usai mengungguli Slovenia di babak adu penalti. Diogo Costa tampil luar biasa dengan menggagalkan tiga penendang Slovenia.

Berkat hasil ini, Portugal berhak lolos ke perempat final untuk menghadapi Prancis yang sebelumnya sukses menyingkirkan Belgia lewat kemenangan 1-0. Duel vs Prancis akan digelar pada Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB.

Portugal dan Slovenia mencoba bermain terbuka sejak awal laga. Sejumlah peluang pun didapat kedua tim. Namun, tak ada satu pun gol yang tercipta hingga laga memasuki jeda turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Portugal berusaha meningkatkan efektivitas serangan dengan memasukkan Diogo Jota dan Francisco Conceicao. Di sisi lain, pertahanan Slovenia masih sulit untuk ditembus.

Memasuki menit-menit akhir, Portugal memiliki peluang emas lewat aksi Cristiano Ronaldo. Sayang, tembakannya masih bisa diamankan Jan Oblak. Skor 0-0 pun bertahan hingga waktu normal berakhir.

BACA JUGA  Setelah Dua Pekan Isolasi Mandiri, Cristiano Ronaldo Sembuh dari COVID-19

Extra Time

Euro 2024: Portugal Singkirkan Slovenia Lewat Adu Penalti 1Di masa extra time, Portugal mendapat penalti usai Vanja Drkusic melanggar Diogo Jota di kotak terlarang. Sayang, eksekusi penalti Ronaldo bisa ditepis Oblak lewat sebuah penyelamatan gemilang.

Di paruh kedua, Pepe melakukan blunder fatal di lini belakang. Beruntung bagi Portugal, tembakan Benjamin Sesko bisa dibendung Diogo Costa. Skor 0-0 tak berubah sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Babak ini menjadi panggung spesial bagi Diogo Costa. Sang kiper tampil fantastis dengan menggagalkan tiga penendang awal Slovenia. Sementara itu, tiga eksekutor Portugal semuanya sukses mencetak gol. Portugal pun keluar sebagai pemenang.

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Joao Cancelo (Nelson Semedo 117′), Ruben Dias, Pepe (Ruben Neves 117′), Nuno Mendes; Bruno Fernandes, Joao Palhinha, Vitinha (Diogo Jota 65′); Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao (Francisco Conceicao 76′).

Pelatih: Roberto Martinez.

Slovenia: Jan Oblak; Zan Karnicnik, Vanja Drkusic, Jaka Bijol, Jure Balkovec; Petar Stojanovic (Benjamin Verbic 86′), Adam Gnezda Cerin, Timi Max Elsnik (Josip Ilicic 106′), Jan Mlakar (Jon Gorenc Stankovic 74′); Andraz Sporar (Zan Celar 74′), Benjamin Sesko.

Pelatih: Matjaz Kek.

Baca juga: Euro 2024: Portugal Kalahkan Republik Ceko dengan Skor 2-1

Sumber: bola.net

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -