Euro U-19 2023: Kandaskan Spanyol, Italia Hadapi Portugal di Final

SuhaNews – Italia U-19 melaju ke final Euro U-19 2023 usai mengandaskan Spanyol U-19 3-2, Jumat (14/7/2023) WIB.Di final, Italia sudah ditungu Portugal, yang sukses menyingkirkan Norwegia di semifinal.

Lima gol dalam laga ini, semuanya terjadi di babak kedua. Samuele Vignato (52’) lebih dulu memecah kebuntuan, sekaligus membawa Italia unggul. Victor Barbera (58’) sukses menyamakan kedudukan, lalu dibalas lagi lewat gol Niccolo Pisilli (66’).

Baca juga: Hantam Spanyol U-21 1-0, Inggris U-21 Juara Euro U-21 2023

Iacopo Regonesi (74’) sempat melakukan gol bunuh diri yang membuat Spanyol kembali menyamakan kedudukan. Untungnya, Luca Lipani (85’) berhasil mencetak gol kemenangan Italia.

Hasil ini mengantarkan Italia ke final Euro U-19 2023. Di partai puncak yang berlangsung pada Senin (17/7/2023) WIB, mereka sudah ditunggu oleh Portugal U-19.

Babak Pertama

Babak pertama berjalan sangat seru. Italia dan Spanyol bermain terbuka dengan fokus pada aspek serangan.

Inilah yang membuat kedua tim sama-sama mudah diserang. Spanyol melepas total tujuh tembakan selama 45 menit pertama, namun hanya satu yang on target.

Euro U-19 2023: Kandaskan Spanyol, Italia Hadapi Portugal di Final 1Italia lebih sangat dengan sembilan tembakan dan empat di antaranya tepat sasaran. Salah satu peluang terbaik hadir di menit ke-8 saat tembakan Esposito dari jarak dekat masih dapat diselamatkan.

Dibandingkan Spanyol, serangan Italia lebih menjanjikan. Mereka berhasil menerobos masuk ke kotak penalti cukup sering. Seperti saat Pisili nyaris mencetak gol di menit ke-37 lagi-lagi dari jarak yang cukup dekat.

Babak Kedua

Babak kedua jadi awal mula keseruan terjadi. Italia dan Spanyol sama-sama lebih klinis dalam menuntaskan peluang.

Hal itu terbukti saat Vignato sukses menggetarkan gawang Spanyol di menit ke-52 lewat tendangan mendatarnya di ujung kotak penalti.

BACA JUGA  6 bulan Mahasiswa PL UIN Imam Bonjol Padang Terapkan Ilmu di MTsN 1 Pariaman

Barbera membalas enam menit berselang. Tendangan kerasnya menghujam pojok kiri atas gawang Italia yang membuat skor jadi imbang.

Italia tidak perlu waktu lama untuk kembali unggul. Kali ini Pisili (66’) sukses memaksimalkan kesempatan kecil yang diperoleh di dalam kotak penalti untuk jadi gol.

Spanyol semoat mendapat asa saat Regonesi, pemain Italia, melakukan gol bunuh diri di menit ke-74. Ia salah mengantisipasi sepakan bola mati Spanyol.

Serangan Italia tidak kendur jelang akhir laga. Sampai akhirnya di menit ke-85, mereka sukses mencetak gol kemenangan lewat sundulan Lipani.

Susunan Pemain

Spanyol U-19 (4-4-2): Bruno Aleman; Ivan Fresneda, Arnau Casas, Yarek Gasiorowski, Alex Valle; Gonzalo Garcia, Cesar Palacios, Manuel Angel Moran, Dani Perez; Illias Akhomach, Victor Barbera.
Pelatih: Jose Lana

Italia U-19 (4-3-3): Davide Mastrantonio; Filippo Missori, Alessandro Dellavalle, Lorenzo Dellavalle, Iacopo Regonesi; Niccolo Pisilli, Giacomo Faticanti, Luis Hasa; Michael Kayode, Frasesco Pio Esposito, Samuele Vignato.
Pelatih: Alberto Bolini

Baca juga: Hantam Swiss 2-1, Spanyol Melenggang ke Semifinal Euro U-21

Sumber: bola.net

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -