Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 Dimulai, Masyarakat Antusias

Singkarak, SuhaNews – Bupati Solok, Epyardi Asda  didampingi Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementrian Parekraf RI Joko Suhartono membuka secara resmi Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023, Sabtu, 28 Oktober 2023 di Dermaga Danau Singkarak.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo., – Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementrian Parekraf RI  Joko Suhartono, Forkopimda, Pimpinan DPRD Kab. Solok  Ivoni Munir, Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si.,  Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Bupati Solok, Epyardi Asda Buka Festival Lima Danau

Sebelum dibuka secara resmi, pada 26 s.d 27 Oktober 2023 Event Sumarak Salingka Danau telah diisi dengan beberapa rangkaian Kegiatan dan Perlombaan seperti Lomba Hymne Bundo Kanduang, Lomba Mencari Pensi, Silahturahmi dan Camp Seni, Penampilan Paket Seni dan Tradisi dari Kabupaten/Kota di Luar Kab. Solok.

Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 Dimulai, Masyarakat Antusias 1Sementara pada Sabtu, 28 Oktober 2023 digelar Pameran UMKM, Ekraf, dan Pokdarwis, Pameran Lukisan Lapiak Pandan, Festival Lauak dan Jajanan Tempo Dulu, Grand Final Pemilihan Duta Wisata dan launching Bujang Jo Gadih Kabupaten Solok.

Acara diawali dengan penampilan Tari Pasambahan yang dibawakan oleh Sanggar Suluah Galanggang Nagari Koto Baru.

Ketua Panitia, yang juga Kepala Disparbud Kab. Solok Armenm mengatakan bahwa Event ini diselenggarakan 26 s.d 29 Oktober 2023.

“Kita menjadikan Event ini sebagai ajang promosi wisata dan budaya tradisional serta Kuliner Kabupaten Solok,” jelas Armen.

Event Sumarak Salingka Danau  ini, jelas Armen, disebut juga dengan Festival Lima Danau. Kegiatan ini telah masuk 10 besar even wisata di Provinsi Sumatera Barat serta telah lulus seleksi administrasi di tingkat Nasional.

BACA JUGA  Bupati Solok Buka Rakernas SAS dan Konferensi Ikatan Pemuda Pelajar Sulit Air

Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementrian Parekraf RI Joko Suhartono  memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Solok, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam menyukseskan acara Sumarak Salingka Danau Tahun 2023.

“Kabupaten Solok dikenal dengan beragam potensi, tidak hanya bidang pertanian dan holtikultura  juga dengan keindahan destinasi wisata yang mempesona serta ragan seni dan budaya.

“Pengembangan potensi ini perlu didorong dengan promosi salah satunya ialah dengan penyelenggaraan Event yang berkualitas,” jelas Joko Suhartono.

Kemenparekraf, jelas Joko Suhartono , sangat mendukung penyelenggaraan Event Sumarak Salingka Danau dengan menyajikan beragam aktivitas yang mengangkat potensi Alam, Potensi Budaya, Potensi Kreatif hingga Produk Unggulan UMKM.

“Semoga Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 dapat berjalan lancar, sukses, dan semakin mengembangkan promosi wisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Solok,” tambah Joko Suhartono.

Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan bahwa Sumarak Salingka Danau ini dilaksanakan dalam rangka promosi wisata di Kabupaten Solok.

“Di bidang pertanian, Solok dikenal sebagai penghasil beras dan holtikultura. Di sampig itu, Kabupaten Solok memiliki 5 Danau dan Alamnya yang indah dan tidak dimiliki daerah lainnya di Indonesia,” jelas Epyardi Asda.

Baca juga: Festival Muaro Padang Ditabuh, Bukti Bahwa Kawasan Muaro Sudah Bersih

“Terima kasih kepada Kementrian Parekraf RI yang telah banyak memberikan bantuan Infrastruktur pariwista untuk Kabupaten Solok diantaranya Panggung Kesenian dan Menara Pandang di Dermaga Danau Singkarak ini,” ujar Bupati Epyardi Asda.

Usai Sambutannya, Membuka secara  langsung Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 yang ditandai dengan Pemukulan Gendang serta didampingi oleh seluruh tamu Undangan.

Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 Dimulai, Masyarakat Antusias 2Acara dilanjutkan dengan Penampilan Kesenian Tradisional Talempong Pacik secara Kolosal oleh Tiga Kecamatan Salingka Danau Singkarak yakni Kec. X Koto Singkarak, Kec. Junjung Sirih dan Kec. X Koto Diatas dengan jumlah Pemain sebanyak 100 Orang dan Talempong Pacik sebanyak 200 buah.

BACA JUGA  Dinas Parbud Kota Pariaman Tawarkan Meeting Outdoor di Pulau Angso Duo

Pada kesempatan ini Bupati Solok ikut serta memainkan Talempong Pacik bersama seluruh Tamu Undangan.

Selanjutnya Bupati Solok beserta seluruh tamu undangan lakukan peninjauan lokasi Pameran dan Jajanan Tradisional pada Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023. Wewe

Baca juga: Festival Panen Karya SMPN 1 Sungai Tarab Perkuat Profil Pelajar Pancasila melalui Kebhinekaan

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -