FPM 2021 Sukses Terapkan Konsep Hybrid dan Prokes Ketat

FPM 2021 Sukses Terapkan Konsep Hybrid dan Prokes Ketat
SuhaNews – Festival Pesona Minangkabau 2021 yang dilaksanakan 13-14 November 2021 di Istano Basa Pagaruyung sukses dilaksanakan dengan menerapkan konsep protokol kesehatan yang ketat dan mengusung konsep hybrid event.

Mengusung konsep hybrid event/virtual event Festival Pesona Minangkabau 2021 melibatkan ribuan siswa, pengurus PKK, sanggar-sanggar dan elemen masyarakat lainnya untuk tampil tanpa harus datang ke Istano Basa Pagaruyung.

Ketua Tim Kreatif FPM 2021, Hijrah Adi Sukrial mengatakan, tim sudah menerapkan standar tinggi untuk pelaksanaan event.

“Dengan konsep hybrid, kita bisa melibatkan 10.000 pengisi acara, namun yang hadir di istano hanya 500 orang pengisi acara saja,” jelas Hijrah.

Di sisi lain, selama pelaksanaan event, panitia membuka gerai vaksin di lokasi acara. “Seluruh pengisi acara harus vaksin, penjaga stan harus vaksin, pedagang juga harus vaksin,” ujar Hijrah, yang juga Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Tanah Datar ini.

Kemudian, panitia juga menyiapkan Satgas Covid dari PMI Tanah Datar yang bertugas mengingatkan pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Satgas Covid bertugas dari pintu masuk memastikan pengunjung yang datang sudah vaksin. Kemudian patroli membagikan masker untuk pengunjung, termasuk mengingatkan agar tetap jaga jarak,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Abdul Hakim mengatakan, pelaksanaan Festival Pesona Minangkabau 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jikalau sebelumnya dihadiri dan dimeriahkan secara langsung oleh perwakilan dari provinsi tetangga namun untuk tahun ini hanya bisa disaksikan melalui zoom saja.

Meski demikian pelaksanaan secara hybrid atau daring itu tidak mengubah nilai dan tujuan dari Festival Pesona Minangkabau itu sendiri.

Yakni mewariskan nilai dan budaya Minangkabau kepada masyarakat salah satunya melalui pemecahan rekor MURI Indonesia.

BACA JUGA  Pagi Ini, Kembali 3 Warga kota Solok Terkonfirmasi Positif Covid-19

Tahun 2021, Festival Pesona Minangkabau memecahkan rekor Muri penari piring terbanyak dengan total 9.000 penari.

Pada event ini juga dilaksanakan penampilan silek, sanggar dari nagari-nagari, Minangkabau Expo dan Pasar Kuliner Minangkabau. Rel

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPemkab Solok Gelar Rakor Percepatan Vaksinasi Covid-19
Artikel berikutnyaWako Hendri Septa; Angka Kemiskinan Turun Melebihi Target RPJMD