GP Ansor Kabupaten Sijunjung Gelar Diklat Terpadu Dasar

Sijunjung, SuhaNews  – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTD) VII selama tiga hari, Jumat-Minggu (25-27/8/23) di Pondok Pesantren Bismillah Jorong Pale, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. 

Kegiatan yang dibuka Asisten III Setdakab, Edwin Suprayogi didampingi Kepala Dinas Kominfo Sijunjung yang juga merupakan anggota PC Nahdlatul Ulama Sijunjung, David Rinaldo ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Kecamatan se-Kabupaten Sijunjung.

Baca juga: Gubernur Mahyeldi Buka Pelatihan Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana untuk ASN

GP Ansor Kabupaten Sijunjung Gelar Diklat Terpadu Dasar 1“Kita ucapkan selamat kepada seluruh peserta GP Ansor dan Banser yang mengikuti DKD ini,” ujar Asisten III Setdakab Sijunjung, Edwin Suprayogi. 

Kiranya GP Ansor dan Banser, jelas Edwin, dapat mengambil peran dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara khususnya di wilayah Kabupaten Sijunjung yang kita cintai ini. 

Selain itu GP Ansor dan Banser mampu dan bisa menjaga suasana yang kondusif dalam kerukunan umat beragama khususnya di Ranah Lansek Manih serta mengawal para ulama ulama dalam berdakwah.

“Kesempatan emas ini dapat dipergunakan sebaik mungkin demi menumbuhkan kecintaan kepada Nahdliyin dan Ansor terutama dalam menghadapi radikalisme yang berpotensi memecah-belah NKRI,” tegasnya.

Sementara, Ketua PC Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sijunjung, Pebriyaldi menyebut Diklat Terpadu Dasar (DTD) merupakan kegiatan wajib dilakukan oleh individu Kader Nahdlatul Ulama usia dewasa sebagai syarat menjadi anggota ansor Banser.

“Dengan metode Kompilasi materi Pelatihan Kader dasar (PKD) yang biasa digunakan oleh Ansor untuk menerima anggota baru dan materi pendidikan latihan dasar (DIKLATSAR),” tuturnya.

Kemudian, kata Pebriyaldi, yang diterapkan Banser untuk penerimaan anggota adalah langkah awal mencetak Kader tangguh dan kuat dalam hal mental, Intelektual dan Spiritual sehingga visi misi dan tujuan GP Ansor dapat diaplikasikan oleh individu Kader dimana pun berada. 

BACA JUGA  LaNyalla: Perubahan Pola Hidup Berdampak Pada Ketahanan Sosial Negara

“Dengan adanya DTD ini, diharapkan kader-kader Ansor dapat membumikan Ansor serta Kader Ansor harus berani melawan radikalisme yang memecah-belah persaudaraan dan kesatuan bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Kemudian, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sijunjung, Zurijal Rahmat mengatakan pihaknya menggelar DTD perdana pada 2023, dan ini merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh kader Nahdlatul Ulama usia dewasa sebagai syarat menjadi anggota ansor Banser.

“Ada beberapa tahapan dan proses penempaan diri yang akan diterima oleh para kader. Jadi, DTD merupakan pintu masuk pertama berkomitmen bela ulama, bela bangsa dan bela agama,” katanya.

Tokoh muda Sijunjung itu menyebutkan bahwa DTD bertujuan untuk membumikan gerakan Ahlussunnnah Wal Jamaah di bumi Ranah Lansek Manih.

Keberadaan DTD juga sebagai langkah awal mencetak kader Banser yang tangguh dan kuat dalam hal mental, intelektual, dan spiritual.

“Sehingga visi, misi, dan tujuan GP Ansor dapat diaplikasikan oleh individu kader di mana pun berada. Alhamdulillah, jumlah peserta yang mengikuti DTD ini sebanyak 30 orang,” pungkasnya. Dicko/We

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Digital Safety dan Digital Skill, Prahum Kemenag Padang Panjang Ikuti Diklat Strakom

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -