Gubernur Mahyeldi Sampaikan 4 Dampak Amalkan Alquran Dalam Kehidupan

SuhaNews — Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi lakukan Opening Ceremony MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di GOR Rimbo Tangah, Selasa (12/12/2023).
Gubernur menyampaikan bahwa setidaknya terdapat empat poin peningkatan kualitas hidup yang akan dirasakan jika mengamalkan nilai Al-quran daalm kehidupan sehari-hari. Keempatnya akan meningkatkan semangat dan motivasi untuk menghadirkan Al-quran dalam kehidupan.

Baca juga: Pembukaan MTQN Ke-40 Solsel, Wabup Risnawanto Beri Semangat Kafilah Pasbar

“Yang pertama adalah peningkatan kualitas hidup dari sisi keagamaan. Yaitu bacaan Al-quran dan pemahaman ajaaran islam di kalangan peserta,” kata Buya.

Menurutnya atmosfer keagamaan akan lebih melekat kepada masyarakat yang serius dalam membaca dan mempelajari Al-quran.

Kedua, adalah peningkatan kualitas hidup dari sisi pendidikan. Sehingga generasi yang dekat dengan Al-quran akan bisa menjadi lebih terampil dan menjadi generasi berkualitas dalam keilmuan dan keislaman.

Selanjutnya adalah meningkatnya kualitas hidup dari sisi sosial. Persaudaraan antarpeserta, keluarga, dan masyarakat bisa mempererat hubungan umat islam dan dengan agama lain di negara kita. Selain itu juga membantu membimbing moral dan berkontribusi pada peningkatan kesadaran sosial dan perilaku yang baik di tengah masyarakat.

Terakhir adalah peningkatan kualitas hidup dari sisi budaya. Kualitas yang diharapkan adalah untuk melestarikan budaya islam, terutama dalam hal membaca dan memahami Al-quran yang melibatkan generasi muda dalam tradisi keagamaan dan budaya Islam.

“Mudah-mudahan MTQ ini akan menghadirkan sinergi, kolaborasi, dan kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota bersama masyarakat di seluruh pelosok negeri,” tandasnya.

MTQ ini di Solok Selatan ini akan berlangsung pada 11-18 Desember 2023 mendatang. Final akan dilaksanakan pada 16 Desember 2023 dan closing ceremony pada 17 Desember 2023. (*)

BACA JUGA  Jasa Zaid bin Tsabit dalam Pembukuan Alquran

Baca juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -