H. Abrar Munanda Terima Penghargaan Tokoh Literasi Dari Kakanwil Kemenag Sumbar

Bukittinggi, SuhaNews. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Abrar Munada menerima penghargaan sebagai Tokoh Pengerak literasi di Kota Bukittinggi kategori Pendukung Pengerak literasi dari Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri. Penyerahan penghargaan tersebut bersamaan dengan Launching Buku yang di Laksanakan Komunitas Penulis Pengiat Literasi (KPPL) Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Selasa, 10 Desember 2019.

Saat itu juga di Launching Buku Karya Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi yang berjudul “Pelayan Tamu-Tamu Allah”. Penghargaan sebagai Tokoh Pengerak Literasi tersebut di peroleh karena selalu mendukung dan memotivasi jajarannya untuk peduli dan mencintai literasi. Hal tersebut di buktikan dengan banyaknya muncul buku-buku karya literasi khususnya di lingkungan Kankemenag kota Bukittinggi.

“Alhamdulillah dengan motivasi yang selalu di berikan, telah terbit banyak buku karya guru madrasah di kota Bukittinggi. Terimkasih atas penghargaan dan apresiasi dari Bapak Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Hendri yang telah memberikan piagam penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Literasi. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih giat lagi,” tuturnya.

Selanjutnya H. Abrar Munanda Aktifitas literasi harus di jadikan kebiasaan terutama bagi para guru dalam merespon perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Guru yang peduli literasi akan melahirkan para siswa yang juga gemar akan literasi.

“Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Saat ini ungkapan literasi memiliki banyak variasi, seperti Literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi sekolah, dan lain sebagainya. Hakikat ber-literasi secara kritis dalam masyarakat demokratis diringkas dalam lima verbal yaitu memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks. Kesemuanya merujuk pada kompetensi atau kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis,” tuturnya.


Sesuai dengan arahan Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri selaku pelindung Komunitas Penulis Pengiat literasi ( KPPL) di Sumatera Barat agar segera membentuk KPPL tingkat Kab/Kota dan berkoordinasi dengan Kakan Kemenag Kab/Kota terkait sehingga lebih menggeliatkan produk-produk literasi di Sematera Barat. Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam waktu dekat akan mengukuhkan pengurus KPPL Kota Bukittinggi agar segera bergerak dan berinovasi dalam mengiatkan literasi di Kota Bukittinggi.

reporter : Yal   editor : Moentjak

Berita Terkait :

Pojok Literasi, Ruang Untuk Karya Tulis Jajaran Kemenag Sumbar

Dukung Literasi, Kakanwil Kemenag Sumbar Kukuhkan Komunitas Penulis

 

Facebook Comments

loading...