Hadiri Khatam Qur’an di Sibarambang, H. Zulkifli Ajak Bumikan Al Qur’an

SuhaNews – Menghadiri dan memberikan sambutan pada Khatam Al Qur’an di Mushalla Nurul Huda jorong Sibumbun nagari Sibarambang Kecamatan X Koto Diatas, Selasa (2/7), Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli mengajak masyarakat membumikan Al Qur’an.

“Banyak permasalahan yang terjadi sekarang karena kita selaku umat muslim sudah mulai melupakan pegangan kita yakni Al Qur’an. Padahal didalamnya banyak petunjuk dan tuntunan kita dalam kehidupan sehari,” ujar H. Zulkifli.

H. Zulkifli mengurai, diantara tanda-tanda umat Islam sudah mulai jauh dari Al Qur’an adalah lemahnya Akidah anak-anak yang ditandai dengan sikap dalam kehidupan sehari-hari baik didalam keluarga maupun ditengah masyarakat.

“Lemahnya ibadah, hal ini dapet terlihat seberapa taat kita pada panggilan azan, dan seberapa mampu kita meluangkan waktu untuk ikut solat berjemaah. Begitu juga dengan sikap kita, seberapa peduli kita akan ibadah-iabadah sunat yang sebenarnya mampu kita kerjakan namun kita enggan,” ulas H. Zulkifli.

Untuk itu Kakan Kemenag H. Zulkifli mengajak masyarakat untuk meningkatkan Akhlak dan Moral generasi muda yang dimulai dari pendidikan di rumah, di madrasah atau sekolah dan pendidikan di tengah masyarakat.

“Mari kembali ke pegangangan kita selaku muslim yakni Al Qur’an dan Hadits, pelajari, pahami dan dalami sejak dini, salah satunya melalui pendidikan keagamaan di Musala, Surau, MDTA dan TPA yang kemudian diasah oleh orangtua d rumah,” tutup Kakan Kemenag.

Sementara itu Camat X Koto Diatas yang turut memberikan sambutan menyampaikan, kegiatan Khatam Al Qur’an merupakan gema kehidupan beragama di masyarakat. Kedepannya akan dicananngkan minimal satu nagari, satu khatam Al Qur’an dalam setahun.

Tak lupa camat mengapresiasi peran aktif tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mendorong majunya pendidikan keagamaan khususnya Al Qur’an ditengah masyarakat, yang salah satu sasarannya mengatasi kelangkaan Muadzin, Imam, Khatib dan Qori / Qoriah yang akan menggemakan Al Qur’an.

BACA JUGA  Pemkab Solok Ikuti Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah

Khatam ini juga dihadiri oleh Kepala KUA kecamatan X Koto Diatas Idramis, S,Ag, Wali Nagari Sibarambang yang diwakili Sekretaris Nagari dan tokoh masyarakat nagari Sibarambang. Adapun jumlah santri yang mengikuti khatam tahun 2024 ini sebanyak 43 orang. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -