Harits dan Zaki Pesilat Tangan Mas Payakumbuh Wakili Sumbar Ke Pra Popnas

Payakumbuh, SuhaNews – Usai mengikuti berbagai seleksi dan pertandingan silat di tingkat perguruan hingga provinsi, akhirnya Muhammad Harits Alatief dan Muhammad Zaki dinyatakan lolos Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Cabang Olahraga Pencak Silat Tahun 2022. Pertandingan terakhir yang diikuti Harits dan Zaky pada 15 dan 16 Oktober 2022 kemarin di Gedung Beladiri GOR. H. Agus Salim Padang mengantarkan duo pesilat yang berasal dari Perguruan Silat Tangan Mas Payakumbuh ini melenggang ke tingkat nasional.

Muhammad Harits Alatief, putra pasangan Wadi Harman dan Noveni, yang sekarang menimba ilmu di SMAN 1 Payakumbuh, serta Muhammad Zaki, putra pasangan Kaswidarsof dan Delwati, bersekolah di SMKN 3 Payakumbuh, menyatakan senang dan bahagia bisa melaju ke Pra Popnas. Selain mengharumkan nama perguruan keduanya mengatakan juga bahagia bisa mengharumkan nama sekolah masing-masing dan tentunya juga membanggakan kedua orang tua.

“InsyaAllah kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk nama Sumatra Barat nantinya. Doa dan dukungan dari orang tua, Dewan Guru, pelatih, dan kita semua sangat kami harapkan. Semakin ke sini kami tahu perjuangan ini semakin berat. Tidak mudah mengalah pesilat dari provinsi lain, tapi kami akan berupaya sekuat tenaga dan semampu kami,” ungkap Harits yang dianggukkan oleh Zaki.

Harits dan Zaki Pesilat Tangan Mas Payakumbuh Wakili Sumbar Ke Pra Popnas 1

H. Irwan Boer, Dewan Guru perguruan Silat Tangan Mas Payakumbuh, saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya menyatakan syukur yang dalam atas perjuangan duo pesilatnya hingga ke tahap ini. Irwan menyatakan, Harits dan Zaki sudah mengharumkan nama perguruan hingga saat ini.

“Sungguh sebuah perjuangan yang luar biasa. Mulai dari mereka mengikuti seleksi di perguruan, seleksi antar perguruan, hingga pertandingan demi pertandingan, sampai seleksi akhir di Padang kemarin, kita selalu memantau perkembangan pesilat kita. Kita bangga dengan semangat pantang menyerah yang mereka miliki. Harapan kita ke depan tentunya mereka berhasil lagi di Pra Popnas sehingga nanti bisa melaju ke Popnas 2023 mendatang,” ungkap Irwan.

BACA JUGA  Bunda Literasi Kabupaten Sijunjung Kukuhkan Bunda Literasi Kecamatan dan Nagari

Turut mengungkapkan rasa syukurnya, Arif Fadly, S. Psi, pelatih Perguruan Silat Tangan Mas Payakumbuh. Saat dihubungi langsung, Arif menyatakan, hingga seleksi terakhir tanggal 15 dan 16 Oktober 2022, Harits dan Zaki tetap memperlihatkan permainan yang bagus di gelanggang. Zaki yang mengalami cidera di kepala hingga harus diperban, dan Harits yang terkilir di ibu jari tangan sebelah kiri, akhirnya dapat menyelesaikan pertandingan dengan meriah kemenangan.

“Setiap seleksi dan pertandingan yang diikuti Harits dan Zaki menuju tahap ini, kita selalu dampingi. Kita ingin dari gelanggang ke gelanggang permainan mereka mengalami peningkatan, dan Alhamdulillah kita mendapatkan itu. Harits yang berada di kelas H dan Zaki di kelas D, jelang seleksi ini kita juga terus menempa mereka dengan latihan rutin dan latihan tambahan. Harits dan Zaki pesilat yang berprestasi, maka kita ingin mereka juga berprestasi di Pra Popnas nanti,” ungkap pelatih ramah ini.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, untuk Pra Popnas nanti ada lima zona pertandingan. Sumatra Barat masuk ke dalam zona I pertandingan yang akan berhadapan dengan pesilat dari Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Utara, Jambi, dan Riau.

Terakhir Arif mengingatkan kepada pesilatnya untuk menjaga kesehatan, mengatur pola makan, tetap berlatih, dan yang terpenting berserah diri kepada Sang Maha Kuasa untuk hasil terbaik pada Pra Popnas nanti. Arif menyebut waktu dan tempat pertandingan untuk Zona I masih menunggu konfirmasi dari panitia, namun diperkirakan untuk cabang olahraga pencak silat diperkirakan akan digelar pada 26 hingga 31 Oktober 2022 mendatang. (Nina)

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -