Haru di Depan Ka’bah, Jemaah Haji Kab. Solok Selesaikan Tawaf Wada’

SuhaNews – Kesempatan Jemaah Haji Kabupaten Solok berada di kota Makkah segera berakhir, karena pada Senin (1/7) mendatang akan bertolak menuju Madinah. ka’bah

Salah satu dari wajib Haji adalah melaksanakan Tawaf Wada; yaitu tawaf yang dilakukan jemaah saat akan meninggalkan kota Makkah. Bagi yang meninggalkannya akan dikenakan dam. Namun kewajiban melakukannya akan gugur bila  jemaah wanita yang sedang haid/nifas, istihadlah, orang yang beser, anak kecil, orang yang fisiknya lemah, orang yang luka darah keluar terus, orang yang tertekan dan orang yang tertinggal rombongan.

Haru di Depan Ka'bah, Jemaah Haji Kab. Solok Selesaikan Tawaf Wada' 1
Dr. Prima Adelin TKHI Kloter 15 PDG bersama jemaah dari Kab. Solok saat melaksanakan Tawaf Wada

Ketua Kloter 15 Padang, H. Mustatir menyampaikan untuk jemaah Lansia dan Risti sudah melakukan tawaf Wada pada hari Sabtu (29/6) dengan dipandu oleh PPIH dan TKHI, namun banyak juga jemaah yang akan melaksanakannya pada hari Minggu (30/6) karena masih ada masa tinggal di Makkah hingga Senin sebelum bertolak ke Madinah.

Haru dan air mata mewarnai pelaksanaan Tawaf Wada ini, karena rasa yang menyesak di  dada entah kapan lagi akan menjejakan kaki di Masjidil Haram dan menatap langsung Ka’bah yang menjadi kiblat umat Islam.

Air mata mengalir membasahi pipi tatkala menyelesaikan putaran terakhir, haru menyeruak disulut emosi untuk hadir kembali disini. Emosi antara percaya dan tidak telah berada disini melihat Ka’bah secara langsung, diberi kesempatan dan kemudahan oleh Allah ta’ala sehingga bisa bersujud dan berdoa di depan kiblat ini.

Like dan Subscribe chanel youtube SuhaNews 

Berat kaki melangkah meninggalkan Masjidil Haram, masih ingin disini, berlama-lama disini menikmati nyamannya rumah Allah kiblat umat Islam.

Dalam isak hati bergumam, Ya Allah serukan kami kembali ke Baitullah ini,bersujud memohon ampunanMu dan menadahkan tangan melangitkan doa kepadaMu. Lusi | Rahmat | Fendi

BACA JUGA  Pemilih Datangi TPS 003 Simpang AA Sumani

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -