In0vasi Terbaru, Agam Luncurkan Siskeudes Link, Wujudkan Keuangan Desa Transparan

Agam, SuhaNews – Kabupaten Agam menjadi salah satu piloting penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Link di Indonesia, bahkan daerah satu-satunya di Sumatera.

Siskeudes Link ini dilaunching Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman bersama Bank Nagari, di Ballroom Hotel Rocky Padang, Kamis (15/8).

Andri Warman mengaku bangga Kabupaten Agam ditunjuk menjadi daerah piloting dalam penerapan Siskeudes Link ini, bahkan satu-satunya di Sumatera.

“Ini suatu keistimewaan bagi kita di Agam, karena menjadi tantangan bagaimana Siskeudes Link ini dapat diterapkan dengan baik dalam pengelolaan keuangan di 92 nagari yang ada,” katanya.

Dikatakan, Siskeudes Link merupakan transaksi non tunai, dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa atau nagari yang transparan, akuntable dan partisipatif.

Siskeudes

Aplikasi Siskeudes Link dengan Nagari Cash Management (NCM) Bank Nagari ini, menjadi acuan bagi pemerintah nagari dalam pengelolaan keuangan dan transaksi non tunai.

“Ini berdampak positif terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan nagari, mencegah terjadinya penyimpangan transaksi, serta mewujudkan tertib administrasi dalam pengelolaan kas nagari,” ujar Andri Warman.

Mengingat Kabupaten Agam satu-satunya jadi piloting Siskeudes Link di Sumatera, dibenarkan Direktur Keuangan Bank Nagari, Roni Edrian.

“Di Indonesia hanya ada tiga daerah, salah satunya Kabupaten Agam. Bahkan satu-satunya di Sumatera,” sebutnya.

Bank Nagari katanya, salah satu bank daerah yang ditunjuk Kemendagri untuk melaksanakan Siskeudes Link ini.

Dikatakan, penggunaan Siskeudes Link dalam rangka mewujudkan transparansi pengelolaan keuangan nagari di Kabupaten Agam.

“Melalui sistem ini pekerjaan yang sebelumnya dilaksanakan dengan manual, ke depan akan mudah melihat seberapa efektif penggunaan dana nagari,” katanya.

Bank Nagari katanya lagi, dengan sistem digitalisasi ini akan mensupport Kabupaten Agam dalam pengelolaan keuangan nagari.

BACA JUGA  111 Petugas Kebersihan dan Pertamanan DLH Agam Dapat Bonus dari Bupati

“Tentu dengan penerapan Siskeudes Link ini, kita berharap Kabupaten Agam menjadi Smart City,” harapnya. AMC

Baca Juga : Bupati Agam Resmikan Jalan Baru, Tingkatkan Akses dan Ek0nomi Masyarakat Padang Mardani

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -