Juara Nasional, UP2K PKK Nagari Situmbuak Dikunjungi TP PKK Kalimantan Selatan

Hasil Kerajinan UP2K TP PKK Nagari Situmbuak

Batusangkar, SuhaNews – Usaha Peningkatan Pendapatan (UP2K) PKK Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar dikunjungi TP PKK Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (26/2). UP2K PKK Nagari Situmbuak ini menjadi juara 1 tingkat nasional tahun 2019.

“UP2K ini memiliki unggulan kerajinan sulaman kapalo samek,” ujar Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah.

Sulaman kapalo samek, jelas Ny. Emi merupakan kerajinan menyulam kain dengan tangan yang sudah turun-temurun. Saat ini sudah menjadi muatan lokal bagi pelajar Sekolah Dasar di Tanah Datar. Kerajinan ini dibudayakan sejak dini, sehingga masuk dalam kurikulum daerah.

“Tanah Datar juga punya kain batik Pariangan, yang diadopsi dari motif-motif naskah kuno,” jelas Ny. Emi Irdinansyah.

Ada  250 lebih motif batik ini. Semuanya merupakan karya dari kearifan lokal yang harus dijaga dan dikembangkan. Tanah Datar tidak ingin kehilangan kekayaan itu, apalagi daerah ini sebagai Kota Budaya.

“TP PKK sebagai mitra pemerintah daerah selalu mendukung program pembangunan daerah,” ujar Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril.

Telah banyak sumbangsih PKK terhadap pembangunan di Tanah Datar. Ke depan TP PKK lebih memberikan kontribusi dalam membangun masyarakat dan keluarga, sehingga dapat menunjang percepatan pembangunan di berbagai sektor di daerah.

Sementara Ketua TP PKK Kalsel Ny. Raudatul Jannah Sahbirin selaku ketua rombongan mengungkapkan, ia bersama rombongan dari TP PKK sengaja berkunjung untuk jalin silaturahim, juga lakukan studi tiru Kapalo Samek UP2K Pelangi Nagari Situmbuak.

“Kami selalu berusaha belajar dan meningkatkan untuk penguatan kelembagaan dan menambah wawasan kader PKK,” ujar Ny. Raudatul Jannah Sahbirin.

Belajar atas keberhasilan UP2K PKK Nagari Situmbuak ini dengan sulaman kapalo sameknyadiharapkan  bisa memberikan pengalaman kepada TP PKK Kalimantan Selatan ini, sehingga  bisa pula dikembangkan nantinya.

Reporter: Dajim    Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...