Kakan Kemenag Bukittinggi Sampaikan Tugas Karu dan Karom Jemaah Haji

Bukittinggi, SuhaNews – Kantor Kemenag Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggelar pertemuan dengan Ketua Regu dan Ketua Rombongan jelang keberangkatan Jemaah Haji ke tanah suci, Rabu (7/6/2023) bertempat di aula Kantor Kemenag setempat.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Bukittinggi, Hj. Misra Elfi menyampaikan terkait peran dan tugas ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (Karom) dalam kesuksesan pelaksanaan Ibadah Haji nanti.

“Karu ( Ketua Regu ) dan Karom ( Ketua Rombongan ) mempunyai peranan yang  sangat penting dalam melayani para jama’ah haji yaitu membantu anggotanya tetap utuh , aman, tertib serta dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji,” Demikian yang disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam pertemuan dengan Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan ( Karom ) jamaah haji tahun 1444 H / 2023 M

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi meminta ketua regu dan ketua rombongan agar dapat menyiapkan diri dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi. “Dengan  didasari niat ikhlas , sabar serta selalu berkoordinasi , mengutamakan kepentingan kelompok dari pada kepentingan pribadi apalagi tema layanan haji tahun ini adalah

Haji ramah lansia. Karu dan Karom adalah orang orang yang terpilih untuk mengemban tugas yang mulia ini. Oleh karena itu diperlukan kekompakan dan kerjasama dalam menjalankan tugasnya,” tuturnya.

Selanjutnya kata H. Eri Iswandi keberadaan Karu dan Karom mempunyai posisi sangat strategis  antara petugas haji dan jamaah, oleh karena itu  Karu dan Karom  harus mempunyai kemampuan yang handal , cerdas dan cepat dalam merespon  permasalahan  yang terjadi serta  berkomitmen yang kuat  untuk melayani tamu Allah. “Tugas pokok Karu ( Ketua Regu ) meneruskan informasi dari Karom dan petugas Kloter, membantu , mengatur dan menjaga  anggota regunya agar tetap utuh, tertib dan lancar dalam melaksanakan ibadah haji serta melaporkan permasalahan pada Karom.

BACA JUGA  Kapolres Solok Kota Pimpin Penyemprotan Disenfektan di Mako dan TK Bhayangkari

Sedangkan tugas pokok Karom (Ketua Rombongan)  membantu pelaksanaan tugas ketua Kloter yang menyertai  jamaah haji di bidang pelayanan umum dan ibadah . Mengatur , membantu dan menjaga anggota rombonganya agar tetap utuh dan tertib serta dapat mencapai kemabruran dalam melaksanakan ibadah haji. (Syafrial)

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -