Kakan Kemenag Hadiri Khatam Tahsin Dymen’s Bukittinggi

Bukittinggi, SuhaNews – Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi menghadiri khatam tahsin yang diselenggarakan oleh kelompok Tahsin Al-Qur’an Dymen’s Bukittinggi, Kamis (6/10).

Kelompok Tahsin Dymens ini merupakan binaanDarul Aspani, S.Ag.,M.H salah seorang Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk wilayah tugas pokok Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan beberapa lokasi di kecamatan Guguak Panjang dan Aur Birugo Tigo Baleh  Kota Bukittinggi.

Kelompok Tahsin Dyimen’s ini mulai beraktivitas sejak bulan juli tahun 2020 hingga sekarang. Dan setelah lebih kurang dua tahun berjalan melaksanakan kegiatan bimbingan Tahsin al-qur’an maka diadakanlah khatam Tahsin sebagai evaluasi untuk mengukur sampai dimana perkembangan kemampuan bacaan al-Qur’an peserta Tahsin.

Bertempat di Aula Puty Restaurant Hotel Dymen’s Bukittinggi acara khatam Tahsin ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Koto Bukittinggi H. Eri Iswandi, MA, didampingi Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Guguak Panjang H. Amar Albar Antoni, S.Hi dan Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kota Bukittinggi H. Azerul, S.Ag.,M.H bersama anggota.

Dalam sambutannya Kakankemenag Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi mengapresiasi kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Tahsin Al-Qur’an dan adanya Khatam Tahsin yang dilakukan oleh Darul Aspani sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional.

Mengajarkan dan belajar Tahsinul Qur’an adalah pekerjaan mulia yang membuat orang tetap awet muda dan akan terbebas dari pikun di hari tua, tambahnya. Kakankemenag juga memberikan arahan dan pesan kepada peserta Tahsin yang sudah belajar dan berkhatam ini untuk bisa pula mengembangkan ilmu yang didapat kepada orang lain agar selalu bermanfaat bagi diri sendiri dan pahalanya menjadi berlipat seperti Multi Level Marketing. Dan sebagai bentuk apresiasinya Kakankemenag meminta agar untuk peserta khatam Tahsin Dymen’s Bukittinggi ini seluruhnya diberikan Sertifikat Tahsin yang dikeluarkan atas nama Kantor Kementerian Agama dan ditandatangani oleh Kepala Kantor.

BACA JUGA  Penyuluh Agama Islam Bukittinggi Bina Siswa SLB Al IkhLas

Acara Khatam Tahsin Dymen’s ini dihadiri dan dibuka oleh Walikota Bukittinggi yang diwakili Asisten I bapak Isra Yonza, hadir juga bersamanya Camat Guguak Panjang diwakili Sekretaris Camat bapak Ujian Tarianto, S.Sos dan Lurah Tarok Dipo bapak Taufiq Adi Putera. Atas nama walikota bapak Asisten mengapresiasi kegiatan Bimbingan Penyuluhan Tahsin al-Qur’an yang dilakukan oleh Penyuluh Agama dari Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Tahsin maknanya membaguskan dan memperbaiki, maka Tahsin al-qur’an adalah membaguskan dan memperbaiki bacaan al-Qur’an dan ini sangat dibutuhkan untuk saat ini. Karena kita umat apalagi di Minang kabau terkenal dengan filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABSSBK) lanjutnya. Maka kita harus menjaga Al-Qur’an sebagai Kitab Suci kita dengan bersungguh-sungguh mempelajari, membaca dan mengamalkannya.

Sementara itu, pimpinan Hotel dymen’s Bukittinggi dimana tempat kegiatan bimbingan Tahsin al-Qur’an dan Khatam Tahsin dilaksanakan, melalui Jenderal Manajernya mengucapakan terimakasih banyak kepada Kantor Kementerian Agama dengan Penyuluh Agamanya yang telah mengambil dan menjadikan Hotel Dymen’s sebagai salah satu lokasi binaan dan tempat belajar Tahsin al-Qur’an, dengan demikian setiap jum’at sekali seminggu bacaan al-Qur’an selalu terdengar berkumandang dilingkungan hotel ini dan sudah pasti membawa manfaat dan keberkahan bagi keluarga dan penghuni hotel. Walau sudah khatam, agar kegiatan ini tetap dilanjutkan, tambahnya.

Senada dengan ungkapan diatas, ketua Koordinator kegiatan bimbingan Tahsin al-Qir’an ibu Hj. Deswarni, SE dan wakil koordinatornya Yesi Endriani juga menyampaikan ucapan terimakasih yang tiada terhingga kepada pembimbing Tahsin al-Qur’an ustadz Darul Aspani sebagai Penyuluh Agama dari Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang telah banyak membrikan ilmu tentang tajwid dan cara membaca al-Qur’an dengan benar diserta dengan lagu murattalnya, dan juga telah ikhlas mengajari jamaah Tahsin dengan sabar dan tidak penah marah tambahnya. Beliau juga meminta agar jamaah Tahsin ini tidak hanya diberikan ilmu tentang tahsinul qur’an tetapi juga dibimbing tentang ilmu cara-cara berwudhu’ dan shalat yang benar serta ilmu keagamaan lainnya yang terkait dengan amalan-amalan sehari-hari.

BACA JUGA  SMPN 2 Kubung Peduli, Santuni Pak Garim Yang Rumahnya Terbakar

Dalam kegiatan khatam Tahsin ini, terhadap bacaan al-Qur’an peserta dilakukan penilaian sebagai evaluasi dan uji kemampuan dengan menghadirkan satu orang sebagai Hakim penilai dari Kantor Kementerian Agama yaitu Ustadz Hamdi, S.IQ. M.H didampingi ustadz pembimbing Tahsin Dymen’s. dan diakhir acara disampaikan pengumuman untuk pembaca terbaik satu, dua dan tiga hingga juara harapan satu atau terbaik empat. Kesemuanya peserta diberikan hadiah sebagai hiburan dan motivasi agar senantiasa mempebaiki bacaannya setiap waktu. Darul | Yal

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -