Kakan Kemenag Kab. Solok dan Kacabdin Pendidikan Sumbar Wilayah III Hadiri MGMP PAI SMA

Koto Baru, SuhaNews – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli dan Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Sumatera Barat wilayah III Solok Raya Isral menghadiri pertamuan rutin mingguan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA/SMK Kabupaten Solok, Selasa (14/2)

Ikut mendampingi Kakan Kemenag PLT Kasi PAIS yang juga Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Fuadi Nawawi dan ketua Pokjawas Dudu Wardana, M.Pd.I dan dihadiri oleh 66 orang guru PAI SMA/SMK se Kabupaten Solok yang tergabung dalam MGMP.

PLT Kasi Pais Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Fuadi Nawawi dalam laporannya menyampaikan MGMP merupakan wadah berhimpunnya Guru Pendidikan Agama Islam di sekolah umum yang bernaung dibawah seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kabupaten Solok.

“Ada 65 guru PAI yang bertugas di SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Kabupaten Solok yang rutin menggelar pertemuan setiap hari Selasa di Kantor Kemenag kabupaten Solok,” ujar H. Fuadi.

Disampaikan juga, selain membahas tentang kurikulum, media dan perangkat ajar, pertemuan ini juga bertujuan transfer ilmu dan berbagi sesama guru dengan tujuan menyamakan kualitas Pendidikan Agama Islam tingkat SLTA di Kabupaten Solok.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai pendidik guru agama juga harus update informasi dan teknologi. Terhangat adalah implementasi Kurikulum Merdeka yang telah mulai diterapkan, maka guru agama juga harus menyikapinya agar penerapan kurikulum merseka ini dapat berjalan maksimal di sekolah.

“Tak ada yang baru sebenarnya, yang b eruah adalah cara penyajian dan penyampaian serta susunan materi untuk siswa. Karena itulah perlua kreatifitas para guru dalam menyampaikan kepada siswa,” sebut H. Zulkifli.

BACA JUGA  Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag Lantik 17 Pentashih Mushaf Al-Qur'an

Disampaikan juga, saat ini Pemerintah memberikan kesempatan sama bagi semua guru tanpa memandang status, apakah PNS, PPPK ataupun guru honor, selagi dipandang mampu dan berprestasi maka pemerintah akan memberi ruang untuk mkeningkatkan kompetensi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Kakan Kemenag juga menyebut, bahwa guru agama mempunyai tugas lebih dalam menciptakan siswa berkarakter. Karena dari guru agamalah siswa menerima penting dan peran Aqidah sebagai pembentuk mental manusia yang menumbuhkan sikap saling menghargai dan toleransi serta tolong menolong antar sesama.

Terkait MGMP, kakan Kemenag menerima laporannya adanya guru yang tidak aktif dalam kegiatan, untuk itu diajak untuk mengikuti kegiatan sebagai salah satu upoaya meningkatkan kompetensi.

Sementara itu Kacabdin Pendidikan Wilayah III Solok Raya, Isral dalam sambutannya mengapresiasi ruang dan dukungan Kantor Kemenag Kabupaten Solok kepada MGMP Guru PAI yang bertujuan memajukan pendidikan agama islam di Kabupaten Solok.

“Fasilitas dan kesempatan yang diberikan oleh Kakan Kemenag melalui seksi PAIS adalah bentuk dukungan bagi guru agama dalam meningkatkan kompetensi, untuk itu mewakili pemerintah provinsi Sumatera Barat saya sampaikan apresiasi untuk Kakan Kemenag dan jajaran,” sebut Isral.

Terkait guru yang jarang hadir MGMP, selaku Kacabdin pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait hingga sekolah untuk memberikan pembinaan pada guru yang bersangkutan, karena ini penting bagi indivisu guru tersebut maupun peserta didik diu sekolah tempatnya bertugas.

Menutup sambutannya, Isral berharap kedepannya akan ada pertamuan MGMP gabungan antara MGMP PAI SD, SMP dan SLTA yang bertujuan adanya kolaborasi dan kesinambungan program pembinaan dan pendidikan dalam menyukseskan kurukul ditiap tingkat satuan pendidikan.

Selain pertemuan hari ini, para guru PAI SMA dan SMK ini rutin menggakar pertamuan di Kantor Kemenag setiap hari Selasa yang membahas berbagai isu aktual terkait Pendidikan Agama Islam di sekolah lanjutan tingkat atas. Fendi

BACA JUGA  Kakan Kemenag Lantik Jupagni jadi Kepala KUA Padang Panjang Barat

Berita Terkait :

kacabdin kacabdin kacabdin kacabdin 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -