Kakanwil Kemenag Sumbar: MTQN Ke-41 Kab. Agam Dorong Semangat Tilawatil Qur’an dan Raih Prestasi Nasional

Agam, SuhaNews – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sumatera Barat, Dr. H. Mahyudin, MA, mengatakan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQN) merupakan event tahunan yang digelar secara berjenjang untuk mensyiarkan ayat Al-Qur’an di tengah masyarakat.

Kakanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin menyampaikan hal ini saat menghadiri pembukaan MTQN ke-41 tingkat Kabupaten Agam di lapangan Pondok Pesantren Asy Syarif Tilatang Kamang, Selasa (2/7).

Ia menjelaskan bahwa MTQN juga berfungsi sebagai upaya mengukur kemampuan qori dan qoriah dalam penguasaan cabang yang diikuti dalam perlombaan.

Mahyudin mengungkapkan rasa bangganya atas tren peningkatan perolehan prestasi Sumbar di tingkat Nasional dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2022, kafilah Sumbar berhasil meraih peringkat 5 besar MTQ Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan

 

Kanwil

“Prestasi ini merupakan hasil perjuangan yang patut diapresiasi,” ujar Mahyudin.

Kakanwil menambahkan bahwa beberapa bulan ke depan, kafilah Sumbar akan kembali mengikuti MTQN Tingkat Nasional di Ibu Kota Nusantara (IKN) atau Provinsi Kalimantan Timur.

“Persiapan sudah dimulai sejak MTQN tingkat Sumbar tahun lalu, dan saat ini memasuki tahap training center. MTQN ke-41 Agam ini menjadi salah satu upaya untuk mempersiapkan kafilah dalam event selanjutnya,” papar Mahyudin.

Oleh karena itu, Mahyudin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan MTQN tingkat Kabupaten Agam.

“Kepada para kafilah, saya berpesan agar bertanding dengan sportif. Begitu juga dengan dewan hakim, agar melakukan penilaian secara jujur dan adil sehingga dapat terpilih qori dan qoriah terbaik nantinya,” pesannya.

Mahyudin juga menyampaikan bahwa Kabupaten Agam selama ini dikenal sebagai daerah yang melahirkan qori dan qoriah terbaik di level Nasional dan Internasional. AMC/Andri

Baca Juga :

Facebook Comments

BACA JUGA  Langgar Aturan, Bawaslu Bubarkan 51 Kampanye Paslon Kepala Daerah di Sumbar
- Advertisement -
- Advertisement -