Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kampung Moderasi Beragama di Bukittinggi

Bukittinggi, SuhaNews – Kelurahan Kubu Gulai Bancah ditunjuk menjadi Kampung moderasi beragama di Kota Bukittinggi. Program ini dilaunching oleh Wakil Menteri Agama,  H. Saiful Rahmat Dasuki, S.IP., M.Si. (Gus Saiful) bersamaan dengan launching 1000 Desa/Kelurahan sebagai Kampung Moderasi Beragama, Rabu (26 Juli 2023).

Launching Kampung Moderasi Beragama ini dilakukan secara langsung maupun via zoom meeting oleh Kemenag RI. Acara  berlangsung dengan meriah karena disuguhkan penampilan seni kreatif dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Kemenag Padang Panjang Launching Tanah Pak Lambik dan Tanah Hitam jadi Kampung Moderasi

“Dengan adanya Kampung Moderasi Beragama, semoga tercapainya harmonisasi dan toleransi keagamaan sehingga muncul nilai-nilai saling menghormati, memahami, dan bekerja sama di antara kelompok agama yang beragama,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi.

Launching ini dihadiri Kakan Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Kasi Bimas Islam, Ka. Camat, Lurah, Kepala KUA, Kapolsek Mandiangin Koto Selayan yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas, Kepala Madrasah, Tokoh Adat, Ketua PKK, Penyuluh Agama PNS dan Non PNS serta Masyarakat sekitar Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

karena memenuhi indikator Kampung moderasi yaitu masyarakatnya memiliki paham moderasi yang baik masyarakatnya hidup rukun dan damai.

Kasi Bimas Islam, H. Zulfikar mengingatkan untuk tidak salah mengartikan tentang Moderasi Bergama. “Jangan pernah salah tangkap terkait moderasi beragama karena ini bukan moderasi agama melainkan moderasi beragama. Dimana melingkup tentang sikap dalam beragama, pemikiran beragama dan kehidupan beragama yang harus moderat, sehingga tercipta kerukunan dalam umat beragama,” jelasnya. (Melati/Syafrial)

Baca juga: Nagari Sirukam Disiapkan jadi Kampung Moderasi di Kabupaten Solok

Facebook Comments

BACA JUGA  Nagari Gunuang Malintang Dinobatkan Sebagai Kampung Moderasi Beragama
- Advertisement -
- Advertisement -