Kemenag Bukittinggi Serahkan Satu Ekor Sapi Kurban Untuk Warga Pagadih Hilia

Bukittinggi, SuhaNews – Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi didampingi Kasi Bimas Islam, H. Zulfikar dan Kepala KUA Guguk Panjang, Yuridarsan menyerahkan satu ekor sapi Kurban ASN lingkup Kantor Kemenag Kota Bukittinggi kepada masyarakat Jorong Pagadih Hilia Nagari Pagadih Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam. Satu ekor sapi tersebut diserahkan kepada masyarakat melalui Wali Jorong Pagadih Hilia, Syafril Efendi didampingi Pengurus Masjid Nurul Iman Selasa (27/06).

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi menyampaikan bahwa untuk tahun 1444 Hijriah Kurban ASN lingkup Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi berjumlah 3 Ekor Sapi. Sesuai kesepakatan panitia dengan peserta dari tiga ekor sapi Kurban tersebut satunya di serahkan pada masyarakat yang lebih membutuhkan.

Berkurban merupakan sebagai ungkapan rasa syukur. Sebagai umat Islam ketika mendapatkan rezeki sebaiknya dibarengi dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Tak haya itu saja, perlu diingat jika rezeki yang didapat juga terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Karenanya, dianjurkan berkurban bagi umat Islam yang mampu sebagai tanda kasih sayang dengan saling berbagi ke sesama. Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-Kautsar ayat 1 dan 2, “Sungguh, Kami telah memberimu telaga kautsar, maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-Kautsar: 1 dan 2).

Dalam ajaran agama Islam, menjalin dan menjaga silaturahmi sangat dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan menjalin silaturahmi disebut mampu memperpanjang usia seseorang. Ini juga menjadi salah satu manfaat berkurban bagi umat Islam. Sadar atau tidak, momen berkurban mampu memperkuat tali silaturahmi. Baik itu antara saudara, tetangga maupun kerabat yang mungkin jarang bertemu akibat kesibukan masing-masing.

“Mudah-mudahan sapi Kurban yang kita serahkan kepada masyarakat Nagari Pagadih Hilia ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan semakin mempererat hubungan silaturahmi sesuai tema Idul Adha tahun 1444H ini Spirit Idul Adha Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan dan Kedermawanan,” tuturnya.

BACA JUGA  Tim KKR Ponpes Modern Al Kautsar Muhammadiyah, Adakan Penjaringan Kesehatan Santri

Sementara itu Warga Pagadih Hilia Nagari Pagadih Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam melalui Wali Jorong, Syafril Efendi menyampaikan terimakasih kasih kepada peserta Kurban ASN lingkup Kantor Kemenag Kota Bukittinggi yang telah menyerahkan Sapi Kurbannya kepada warga Pagadih Hilia.

“Kami mewakili warga Pagadih Hilia mengucapkan terimakasih atas perhatian bapak/ibuk dari Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang telah menyerahkan Sapi Kurbannya untuk di sembelih dan di bagikan kepada warga. Mudah-mudahan Kurban bernilai Ibadah dan di terima Allah SWT,” tuturnya menyampaikan rasa syukur. (Syafrial)

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -