Kemenag Bukittinggi Silaturrahmi Dengan Jamaah Calon Haji 2020

Bukittinggi, Inmas-. Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi mengadakan silaturrahmi dengan Jama’ah Calon Haji Kota Bukittinggi Tahun 1441 H/ 2020 M bersama Dinas Kesehatan Pihak Perbankan (BANK Penerima Setoran Haji) dan Imigrasi dalam rangka upaya percepatan Pengurusan Dokumen Haji. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Senin 16 Desember 2019.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Tri Andriani Djusair menyampaikan.

“Kegiatan ini sengaja kita laksanakan sebelum manasik tingkat kecamatan dalam rangka untuk saling bersilaturrahmi dengan Jama’ah Haji Kota Bukittinggi tahun 1441 H/ 2020 M yang dilaksanakan secara maraton per kecamatan mulai dari Kecamatan Guguak Panjang, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Kegiatan ini juga di hadiri Dinas Kesehatan sekaligus menerangkan berkaitan dengan istithaah kesehatan , miningitis dan Imigrasi berkaitan dengan Paspor serta Pihak BANK Penerima Simpanan yang menjelaskan berkaitan tentang setoran Haji dalam rangka upaya percepatan Pengurusan Dokumen Haji. Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan semoga perjalanan Jama’ah Calon Haji ini ke Tanah Suci dimudahkan oleh Allah SWT,” tuturnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Kasubbag Tata Usaha H. Zulfikar yang membuka kegiatan tersebut secara resmi menyampaikan.

“Dalam Penjelasan UU 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah dikatakan bahwa Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang Islam yang mampu, baik secara fisik, mental, spiritual, sosial, maupun finansial. Pelaksanaan Ibadah Haji merupakan rangkaian ibadah keagamaan yang telah dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Oleh karena itu, negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan Ibadah Haji sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” tuturnya.


Selanjutnya H. Zulfikar menyampaikan “Setidaknya ada beberapa pelayanan yang harus di berikan pemerintah dalam melayani Jama’ah antara lain pelayanan Administrasi, Pembinaan dan Advokasi. Dalam hal pelayanan administrasai, kegiatan yang kita ikuti ini merupakan salah satu upaya memberikan pelayanan kepada Jama’ah dalam rangka upaya percepatan Pengurusan Dokumen Haji sehingga Jam’ah Calon Haji terlayani dengan baik,” tuturnya.

Reporter : Yal  editor : Moentjak

 

Facebook Comments

loading...