Kemenag Kota Bukittinggi Gelar Gerakan Thaharah Masjid Serentak

Kemenag Kota Bukittinggi Gelar Gerakan Thaharah Masjid Serentak
Bukitinggi, SuhaNews – Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah / 2022 Masehi serta menyukseskan program Gema Rindu Kanwil Kementerian Agama Prov. Sumbar, Jajaran Kantor Kemenag Kota Bukittinggi, Kamis (31/03) melaksanakan kegiatan thaharah masjid.

Untuk Kota Bukittinggi Gerakan Thaharah Masjid dilaksanakan pada 4 Masjid/Mushalla yang sudah di tentukan.

Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan himbauan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat untuk melaksanakan gerakan thaharah masjid secara serentak se-Sumatera Barat dalam kemasan program Gemarindu (Gerakan Masyarakat Ramadan Indah dan Syahdu) yang disiapkan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi diwakili Kasi Pendidikan Madrasah sekaligus Plt. Kasi Bimas Islam, H. Gazali menyampaikan. “Kegiatan Thaharah Masjid Tingkat Kota Bukittinggi dipusatkan di Masjid Nurul Wathan Gulai Bancah, Selain Thaharah Masjid Tingkat Kota Bukittinggi juga dilaksanakan kegiatan Thaharah Masjid/Mushalla tingkat Kecamatan yang dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan masing-masing,” tuturnya.

Selanjutnya Kata H. Gazali untuk Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota tharah Masjid/Mushalla dipusatkan pada Masjid Muslimin Pintu Kabun, untuk Kecamatan Guguk Panjang di Pusatkan di Masjid Nurul Yaqin Bukit Cangang dan untuk Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh di pusatkan pada Mushalla Magfirah Tangah Jua.

“Thaharah masjid ini merupakan kegiatan gotong-royong bersih-bersih dalam dan luar masjid/mushalla, dalam rangka suka cita menyambut bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini juga sebagai wujud kedekatan Kementerian Agama dengan masyarakat dan umat. Selain membersihkan masjid/Mushalla kegiatan thaharah masjid ini juga dimanfaatkan untuk mempererat silaturrahmi sebagai bentuk mensucikan diri dan rumah ibadah dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Kegiatan thaharah masjid ini merupakan wujud nyata kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan dengan ceria. Semoga kita dapat melaksanakan ibadah dengan baik mengharapkan derajat taqwa di sisi Allah,”tutur H. Gazali.

BACA JUGA  LPP RRI Bukittinggi Kunjungi Kantor Kemenag

Kegiatan Gerakan Thaharah Masjid di Masjid Nurul Wathan Kota Bukittinggi diakhiri dengan penyerahan Infak yang dikumpulkan Keluarga Besar ASN Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk mendukung K-3 Masjid. Sumbangan tersebut diserahkan langsung oleh Plt. Kasi Bimas Islam, H. Gazali kepada Ketua Masjid, H. Masrinal.

Di kesempatan tersebut, Pengurus masjid juga mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada keluarga besar Kemenag yang melaksanakan GTM ini. Ini menjadi motivasi bagi semua kita agar tetap menjaga K-3 di tiap rumah ibadah, pungkasnya. Yal|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakCegah Stunting, BKKBN Juga Jangka Remaja Selain Ibu Hamil
Artikulli tjetërPenilaian Ombudsman, Kepatuhan Pelayanan Publik Kota Solok 71,75 Persen